Batam

Lanud Hang Nadim Bekerjasama FASI Gelar Sertifikasi Pilot Drone Digelar 3 Hari

Juliadi | Rabu 07 Oct 2020 08:17 WIB | 2403

TNI/Polri
Lanud


Suasana praktek menggunakan Drone


MATAKEPRI.COM BATAM -- Pangkalan TNI AU (Lanud) Hang Nadim bekerja sama dengan Fderasi Aero Sport Indonesia (FASI) melaksanakan pengenalan dan sertifikasi Pilot Drone di kota Batam, Kepulauan Riau, Sabtu - Minggu (3-4/10/2020) kemarin.


Pelalsanaan kegiatan tersebut terbagi menjadi 3 tahap yaitu pemahaman materi, ujian materi dan ujian praktek.  Pemahaman materi diberikan langsung oleh Kolonel Pnb Agung  Sasongkojati yang sehari- hari menjabat sebagai Paban 1 Spotdirga Markas besar Angkatan Udara (Mabesau) Jakarta.


Pemahaman materi atau bina kelas bertempat di Aula Engku Hamidah Lantai 4 Kantor Walikota Batam dengan menyuguhkan materi CASR 61, CASR 91, PM 163 CASR Part 107 Small UAS Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 37/2020? Aeronautical Decision Making/Human Factors, Basic Aerodynamics Theory, Basic Meteorology, Pre Flight/Operation & Safety Procedur/Rules, Air Traffic Management/Radio Communication.


Kolonel yang akrab dipanggil Sharky menjelaskan, bahwa semua materi merupakan ilmu yang harus dipahami para Pilot Drone bila akan menggunakan pesawat Drone dengan berbagai keperluan. 


Hukum-hukum atau pembagian ruang udara harus benar-benar dipahami oleh 30 peserta pelatihan dan sertifikasi  ke-15 Pilot Drone sebagai bekal penggunaan Drone dikemudian hari.


Menurut Komandan Lanud (Danlanud) Hang Nadim Letkol Pnb Urip Widodo saat peserta melaksanakan bina Lapangan/ praktek terbang di Taman Wisata Alam Muka Kuning, tidak ada ruginya masyarakat penghobby Drone mengikuti pelatihan ini.


"Ibarat kita mengemudikan kendaraan kita diwajibkan memiliki SIM, begitu juga bila kita akan menerbangkan Drone, kita juga dituntut harus memiliki sertifikasi sebagai pilot drone," tutur Letkol Pnb Urip Widodo.


Karena dengan memiliki sertifikasi, sesorang akan memahami kapan, dimana dan bagaimana menerbangkan Drone demgan aman sehingga keneradaam drone di udara tidak mengancam keselamatan penerbangan.


"Dan perlu diketahui bahwa pelatihan seperti ini akan terus dilaksanakan oleh Lanud Hang Nadim dan FASI menyesuaikan kebutuhan masyarakat," pungkas Letkol Pnb Urip Widodo. (r/Adi) 



Share on Social Media