Batam

Tingkatkan Kemampuan Personel, Lanud Hang Nadim Latihan Bersama PKP-PK 2020

Juliadi | Rabu 09 Dec 2020 14:33 WIB | 2379

TNI/Polri
Lanud


Suasana latihan


MATAKEPRI.COM BATAM -- Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) adalah Sebuah Unit Kerja yang Paling tidak diharapkan Bekerja karena akan membawa resiko kerugian harta benda yang cukup besar.


Akan tetapi Personil PKP-PK harus selalu mengasah dan meningkatkan Kemampuannya apabila suatu waktu keahlian mereka dibutuhkan, oleh karena itu Personel Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim batam, Aviation Security (Avsec) bandara hang nadim batam, Personel PK bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Hang Nadim Batam, Air Traffic Control (ATC) Bandara Hang Nadim Batam, Polsek Bandara melaksanakan kegiatan Latihan Rutin PKP-PK di Bandar Udara Hang Nadim Batam.


Hal ini mengingat suatu saat nanti keahlian Personel Lanud Hang Nadim dan seluruh unsur yang ada di Bandar Udara sangat dibutuhkan untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh sebuah Kecelakaan di seputaran Bandar Udara Hang Nadim Batam.



Lanud Hang Nadim Batam dan PKP-PK Bandar Udara Hang Nadim Batam beserta unsur pendukung Selalu melakukan Kegiatan Latihan Rutin ini untuk meningkatkan Kemampuan Personil dalam menggunakan Peralatan sehingga mengurangi kemungkinan salah Pengoperasian Peralatan dan untuk meningkatkan kemampuan masing masing Personil dalam menghadapi resiko kecelakaan.



Setiap Shift diwajibkan melakukan Latihan Basah minimal sekali dalam triwulan kemudian juga Latihan Kering sekali dalam sebulan sehingga setiap hari selalu dipenuhi dengan berbagai macam kegiatan yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan Profesionalisme serta Tanggung jawab sebagai Seorang Fireman sejati.


Tugas sebagai Fireman adalah Tugas yang Sangat mulia sehingga dalam menjalankan Tugas ini harus penuh semangat dan Motivasi terbaik.


Kasubsi Base Rescue Letnan Dua (Letda) Tek Subcan, disela-sela waktu latihan mengatakan, Team Work merupakan Hal Mutlak yang harus selalu menjadi perhatian utama untuk mencapai keberhasilan dalam sebuah Operasi Pertolongan Kecelakaan Penerbangan.


"Kerjasama Team sangat menentukan kesuksesan operasi sehingga pekerjaan yang dirasakan sulit akan dengan mudah diselesaikan apabila dilakukan secara bersama dengan saling membantu," kata Letda Tek Subcan, Rabu (8/12/2020).


Lanjut dikatakannya, begitu juga dalam Operasi Pertolongan Kecelakaan Penerbangan, dimana Kekompakan dan kerjasama antar Personil Rescue dan Fire Fighting sangat menentukan Suksesnya Sebuah Operasi serta pendukung lainnya.


Dalam Latihan PKP-PK kali ini diikuti oleh Personel TNI AU Lanud Hang Nadim Batam, AVSEC Bandara Hang Nadim Batam, Personel PK bandara, KKP Bandara Hang Nadim Batam, ATC Bandara Hang Nadim Batam, Polsek Bandara. (r/Adi) 



Share on Social Media