Batam

Ribuan PMI dari Negara Tetangga Kembali ke Indonesia

Juliadi | Selasa 11 May 2021 13:05 WIB | 2125

TNI/Polri
PMI
Lanud



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Pekerja Migran Indonesia (PMI) sejak beberapa hari berlalu mulai memadati jalur-jalur transportasi baik darat, laut maupun udara.


Mereka datang dari negara tetangga berduyun-duyun untuk pulang ke kampung halaman masing-masing, ribuan Warga Negara Indonesia (WNI) sebagai tenaga kerja di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia, kembali masuk ke Indonesia untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M di kampung halaman masing-masing.


Salah satu petugas di Pelabuhan Domestik Sekupang, mengatakan, arus mudik PMI sebenarnya bukan hal aneh.


"Hal ini selalu terjadi dari tahun ke tahun terutama saat menjelang Lebaran Idul Fitri 1442 H/2021 M," ungkapnya.


Namun saat ini menjadi berbeda karena adanya pandemi Covid-19 melanda di berbagai negara serta adanya larangan pemerintah tentang adanya Mudik Lebaran tahun 2021 kali ini.


Kebijakan Pemerintah tentang pelarangan Mudik Lebaran tahun 2021 kali ini dipertegas dengan keluarnya Surat Edaran (SE) Satuan tugas (Satgas) Covid-19 Nomor 13 tahun 2021 dengan berbagai aturan seperti melampirkan Surat Tugas dari pejabat setingkat Eselon II, dilengkapi tanda tangan basah dan cap basah untuk pegawai BUMN, BUMN dan TNI-Polri.



Untuk Pegawai Swasta juga diwajibkan melampirkan Surat Tugas dari pimpinan perusahaan dan Surat Izin tertulis dari Kepala Desa/Lurah dengan tanda tangan dan cap basah serta diwajibkan menyertakan Surat Hasil Keterangan Negatif Covid-19 (RT PCR / Rapid Antigen / GeNose 19).


Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Hang Nadim Letkol Pnb Iwan Setiawan, S.A.P, mengatakan, penerapan Protokol Kesehatan merupakan hal yang wajib untuk dilaksanakan. 


"Hampir 70% kekuatan Lanud Hang Nadim terlibat dalam Satgas Covid-19, pengamanan Di RSKI Galang, Pam Isolasi Rusun BP Batam dan berbagai Pelabuhan di wilayah Batam, pengamanan jalur-jalur mudik di semua moda transportasi," ujar Iwan, Minggu (10/5/2021).


Menurut Iwan, keterlibatan Lanud Hang Nadim dalam satgas dan Pemulangan PMI berdasarkan surat dari Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau di Tanjungpinang.


Personel Lanud Hang Nadim di tempatkan di Pos-pos Bandara, Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 di Pulau Galang, Pelabuhan Telaga Punggur, Pelabuhan Sekupang, Rusun Badan Pengusahaan (BP) Batam, Rusun Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Rusun Putra Jaya, Balai Pekes Batam dan Pelabuhan Laut Batam. (r/Adi) 



Share on Social Media