Batam

Hari ke-8 TMMD ke-112, Kodim 0316 Batam Lakukan Penyuluhan UKM di Kampung Teluk Air

Juliadi | Rabu 22 Sep 2021 15:58 WIB | 1711

Bakti Sosial/Bantuan Sosial
TNI/Polri
UKM
TMMD



MATAKEPRI.COM, BATAM --Memasuki hari ke 8 - Satuan tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 tahun 2021 Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam  melaksanakan penyuluhan bagi Warga Kampung Teluk Air Kel Setokok, Kecamatan Bulang. 



Kepala bidang (Kabid) pemberdayaan dan pengembangan usaha mikro, Zulfikar selaku tim penyuluh dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Batam mengatakan, dalam penyuluhan ini pihaknya menjelaskan berbagai hal dan syarat untuk mendirikan sebuah koperasi bersama. Nantinya untuk akte pendirian koperasi akan diajukan ke pemerintah pusat melalui notaris yang telah ditunjuk.


”Kalau untuk akte pendirian memang kewenangannya ditarik pemerintah pusat, kita melakukan fungsi kita sebagai pengawas dan penyuluh,” katanya, Rabu (22/9/2021).


Dengan adanya program non fisik TMMD tentang penyuluhan koperasi, diharapkan warga akan mendapatkan bantuan permodalan dengan adanya koperasi di desanya kelak.


Menurutnya, hal ini lebih baik untuk pedagang daripada mengutang kepada rentenir yang membebani bunga cukup tinggi.


"Kegiatan yang di ikuti rata-rata dari kaum ibu-ibu ini sangat antusias memahami apa yang dikatan penyuluh," ucapnya.


Sementara itu, Pasi Ter Kodim 0316/Batam Kapten Inf TM Tarigan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Zulfikar yang mana telah berkenan memberikan penyuluhan tentang Koperasi di Kampung Teluk Air Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang ini.


"Nelayan rumput laut, jika dikelola dengan baik maka bisa menghasilkan uang," tutup Kapten Inf TM Tarigan.


Kapten Inf TM Tarigan juga mengatakan, salah satu cara pengelolaan yang baik adalah dengan membentuk kelompok Koperasi yang nantinya bisa meningkatkan taraf hidup warga Kampung Teluk Air Kelurahan Setokok khususnya dan Kecamatan Bulang pada umumnya. 



Share on Social Media