Batam

Pesawat Jet Tempur TNI AU Melintas di Langit Kepri

Juliadi | Sabtu 04 Dec 2021 00:16 WIB | 1555

TNI/Polri
Lanud



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Suara gemuruh jet tempur Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) melintas di langit Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), banyak masyarakat berdecak kagum dengan garangnya suara mesin-mesin penghancur milik TNI AU.


Namun seketika masyarakat dibuat tercemhang dan belum diketahui sebabnya, tiba--tiba dari kejauhan terlihat seorang pilot pesawat tempur tersebut terlempar keluar dari pesawat  dengan diiringi terkembangnya parasut terjun.


Sejauh mata memandang, dapat dipastikan pilot tersebut mendarat di laut sekitar pulau Pengalap. Namun masyarakat banyak bertanya-tanya mengapa pilot tersebut terllepas dari parasutnya saat akan memdarat di laut.


Usut punya usut, rupanya itu merupakan prosedur yang harus dilakukan setiap Penerbang tempur bila mengalami masalah dalam misi terbangnya.


"Hal seperti itu, memang tidak kita harapkan namun tetap harus kita latihkan secara nyata melalui skenario latihan, karena tidak dapat kita latihkan secara simulator," tutur Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) I Marsekal Muda (Marsda) TNI Ir. Tedi Rozalihadi S, M.M saat membuka Latihan Parasailing Koopsau I 2021 di Pulau Pengalap Kepri Coral Batam, Jumat (3/12/2021).


Dikatakan Pangkoopsau I, memang seperti itu prosedur yang harus dilakukan oleh para Penerbang tempur bila hendak memdarat di air yaitu harus melepas dan membuang payung para dasaat ketinggian sekitar 5  hingga 7m.

Latihan Parasailing kali ini diikuti 29 orang penerbang  Skadron Udara 1 dari Pontianak dan skadrom udara 12 dan 16 dari Pekanbaru. (*) 



Share on Social Media