Tanjungpinang

Danyonmarhanlan IV Ikuti Vicon Rakor Awal Latihan Opsfib Koarmada I Tahun 2022

Juliadi | Senin 21 Mar 2022 17:47 WIB | 1470

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG -- Dalam rangka  implementasi perintah langsung Kepala Staf Angkatal Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, SE., MM, perihal pembinaan personel dan latihan guna menunjang profesionalitas prajurit, Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) IV Tanjungpinang mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) awal rencana latihan Operasi Amfibi (Opsfib) Komando Armada (Koarmada) I Republik Indonesia (RI) yang berlangsung di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV, Jalan Batu hitam Tanjungpinang. Provinsi Kepulauan Riau, Senin (21/3/2022). 


Koarmada RI merupakan komando utama (Kotama) operasional yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada panglima TNI dan Kotama Pembinaan yang berkedudukan  dibawah dan bertanggung jawab kepada KASAL yang dibentuk berdasarkan peraturan presiden nomo 66 tahun 2019 dan peraturan panglima TNI nomo 23 tahun 2021 serta peraturan Kepala Staf Angkatan Laut nomor 3 tahun 2022. 


Danyonmarhanlan IV saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa Koarmada RI dalam melaksanakan fungsi organisasi Panglima Komando Armada RI dibantu kepala staf yang mengtkoordinasikan tugas-tugas unsur pembantu pimpinan yang terdiri atas inspektur, kapok sahli, para asisten, unsur pelayanan, dan unsur badab pelaksana. 


"Sedangkan unsur pelaksana opererasi dan pembinaan, pangkoarmada RI membawahi Koarmada 1, Koarmada II, Koarmada III, Dankoopskasel, Dankooppeba, Dankolat, Dansatud, Dansatmar, serta Dandenintel," ujar Danyon. 


Lebih lanjut dikatakan Danyon, bahwa Sebagai kotama operasi dan pembinaan yang wilayah kerjannya terbentang dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas hingga pulau Rote. 


"Koarmada RI memiliki 3 Koarmada yang bertanggung jawab membina dan mengoperasikan Sistem Senjata Terpadu (SSAT) yang terdiri atas kapal perang (KRI), pesawat udara, Marinir, dan pangkalan," tutup Danyon. (*) 



Share on Social Media