Batam

Danlantamal IV Apresiasi Galangan Kapal di Batam Bisa Produksi Kapal Korvet Kepresidenan

Juliadi | Kamis 20 Apr 2023 12:48 WIB | 633

AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV


Danlantamal IV, Laksma TNI Kemas M Ikhwan Madani, Rabu (19/4/2023). Foto: Istimewah


MATAKEPRI.COM BATAM -- Komandan Pangkalan utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama (Laksma) TNI Kemas M Ikhwan Madani, S.Sos, M.Si menyaksikan secara langsung peluncuran Kapal Korvet Kepresidenan yang diberi nama Kapal Korvet Bung Karno -369 yang diluncurkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali di galangan PT. Karimun Anugrah Sejati, Batam, Rabu (19/4/2023).


Kapal tersebut merupakan hasil karya anak bangsa yang sudah menjadi komitmen TNI Angkatan Laut dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) guna mewujudkan kemandirian pembangunan kekuatan pertahanan matra laut. 


“Hari ini, Armada TNI Angkatan Laut diperkuat lagi oleh kapal korvet yang diberi nama KRI Bung Karno-369. Kapal ini adalah komitmen TNI AL dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) untuk mewujudkan kemandirian dalam pembangunan kekuatan pertahanan matra laut,” ujar Kasal.


Danlantamal IV usai peluncuran menyampaikan kebanggaaannya atas kerja keras anak bangsa di wilayah kerjanya di Batam karena saat ini sudah mampu  memproduksi jenis Kapal Korvet untuk kepentingan tugas  Kepresidenan. 


Kapal korvet Bung Karno ini nantinya akan difungsikan sebagai kapal kepresidenan untuk mendukung berbagai kegiatan protokoler dan untuk tugas diplomatik kenegaraan. Sebagai kapal kepresidenan, kapal korvet Bung Karno nantinya akan menggantikan KRI Barakuda.


Penamaan kapal tersebut dilatarbelakangi oleh tekad dan perjuangan Presiden Soekarno.


"Kapal korvet ini diberi nama KRI Bung Karno, melalui proses panjang. Pemilihan nama presiden pertama ini dengan harapan dapat meneladani kebulatan tekad dan kegigihan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dan menjaga kedaulatan negara," ujar Kasal.


Turut hadir pada acara tersebut Pangkoarmada RI, Pangkogabwilhan I, Asrena Kasal, Aslog Kasal, Pangkoarmada I serta para Kepala Dinas di lingkungan Mabesal. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media