Batam

TNI Persiapkan Latihan Gabungan Asean di Batam Hingga Natuna

Juliadi | Jumat 11 Aug 2023 20:47 WIB | 563

AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV


Rapat persiapan latihan gabungan Asean, Jumat (11/8/2023)


MATAKEPRI.COM, BATAM — Markas Besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia  (TNI) menggelar rapat persiapan latihan militer bersama negara-negara Asean,  Asean Solidarity Exercise-01 Natuna  (ASEX-01N) di ruang serbaguna Mako Lantamal IV Batam. Jum’at (11/8/2023). 


ASEX-01N merupakan Latihan Gabungan Matra Terpadu  TNI (LATGABMAPAD) yang melibatkan unsur militer dan sipil negara-negara ASEAN yang baru pertama kali diadakan dengan TNI sebagai Koordinator bertempat di Kabupaten Natuna KEPRI dengan titik berat Latihan difokuskan pada bidang Maritime Security (MARSEC) dan Penanggulangan Bencana (HADR) Human Assistance Disaster Relief.


Kegiatan rapat persiapan latihan tersebut dipimpin oleh Asisten Operasi (Asops) Kepala staff komando gabungan wilayah pertahanan (Kaskogabwilhan) I Laksamana Pertama (Laksma) TNI Bambang Dharmawan, S.E., M.Sc  beserta tim survey latihan didampingi oleh Asops Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Kolonel Laut (P) Agus Darmawan, S.E., M.Tr.Hanla, yang membahas tentang kesiapan Faslabuh dan dermaga Pelabuhan Batu Ampar Batam yang akan menjadi lokasi upacara pembukaan Latihan. 


Latma ASEX-01 N yang rencananya akan dihadiri oleh seluruh Panglima Angkatan Bersenjata negara anggota ASEAN ini akan diselenggarakan pada bulan September mendatang. 


Setelah rapat kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan (FSS) Final Site Survey di dermaga oleh Asops Kaskogabwilhan I dan rombongan, yang juga turut mendampingi Asops Danlantamal IV Batam serta pihak BP Batam selaku pengelola kawasan Pelabuhan Batu Ampar. (*) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media