Nasional

Jembatan Goyang Sambut Kedatangan Tim Vaksinator TNI AL Jayapura

Juliadi | Sabtu 04 Sep 2021 10:51 WIB | 711

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, JAYAPURA -- Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) dalam hal ini Pangkalan Utama TNI Angkatan (Lantamal) X semakin gencar dan masif dalm melaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 terhadap seluruh masyarakat maritim di Jayapura. Kegiatan Vaksinasi Covid-19 kali ini dilaksanakan di Pulau Kosong, Distrik Jayapyra Selatan, Kota Jayapura, Jumat (3/9/2021).


Ada yang menarik pada pelaksanan vaksin kali ini, karena Tim Vaksinator harus melewati jembatan goyang. 


Karena jembatan yang mereka lewati terbuat dari kayu dan tanpa pembatas serta jembatan ini kata warga sudah mulai lapuk dimakan usia. Dinamakan Pulau Kosong karena menurut warga sekitar, Pulau yang mereka huni saat ini dulunya adalah pulau kosong yang tidak beepenghuni. 


Hingga pada sekitar tahun 1967, nelayan dari Pulau Buton, Sulawesi Tenggara datang ke Pulau Kosong ini untuk mencari ikan. Akhirnya para nelayan ini mulai mendiami Pulau Kosong ini hingga saat ini. Tidak hanya orang asli Suku Buton yang tinggal di Pulau Kosong ini, tetapi sudah banyak warga dari berbagai suku yang mendiami Pulau Kosong ini, mulai dari Suku Bugis dan Suku Jawa.


Warga yang melaksanakan vaksinasi di Pulau Kosong terdiri dari berbagai macam usia, mulai dari remaja atau yang berumur 12 tahun hingga lanjut usia. Rata-rata warga warga yang divaksin mereka baru pertama kali melaksanakan vaksin, mengingat mata pencaharian mereka sebagai nelayan. 


Untuk itu, dihari jumat ini Tim Vaksinator Lantamal X melaksanakan kegiatan Serbuan Vaksinasi Covid-19 kepada warga Kampung Pulau Kosong ini, karena menurut kepercayaan dari orang tua mereka jika dihari jumat mereka tidak boleh pergi melaut.


Lantamal X yang menerjukan Tim Vaksinatornya dari Dinas Kesehatan Lantamal X dan dipimpin langsung oleh Letda Laut (K) dr. Doni Lukas Damari, dengan penuh semangat melayani satu persatu warga yang sangat antusias untuk melaksanakan vaksin.


Pak Imam Kampung Tahima Soroma, Hj. Muh. Angga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada TNI Angkatan Laut yang telah datang ke kampung tersebut untuk melaksanakan kegiatan Serbuan Vaksin. 


"Saya atas nama warga Pulau Kosong, Kampung Tahima Sorong mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut yang sudah membantu kami dalam kegiatan vaksin warga kampung kami mulai dari usia remaja hingga lanjut usia. Kami warga Pulau Kosong juga mengajak warga Jayapura untuk melaksanakan vaksin demi mensukseskan PON di Kota Jayapura," ucap Pak Imam, sapaan akrab beliau.


Lantamal X akan terus semakin gencar dan semakin untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi penyebaran Virus Covid-19 sehingga penularan Virus Covid-19 sudah tidak ada lagi. Hingga hari ini tercatat Lantamal X beserta jajaran sudah memvaksin warga jayapura sebanyak 16.300 orang. (Ril) 



Share on Social Media