Tanjungpinang

Danrem 033/WP Hadiri Pembukaan TMMD ke 113 di Gedung Daerah Tanjungpinang

Juliadi | Rabu 11 May 2022 22:02 WIB | 1402

AD/AL/AU
TNI/Polri
TMMD



MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG - Komandan Komando resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP) hadiri pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Komando Distrik militer (Kodim) 0315/Tanjungpinang ke-113 tahun 2022.


Pembukaan bertempat di Gedung Daerah Tanjungpinang yang di lanjutkan dengan pencanangan aksi pembersihan pantai, Pelabuhan serta obyek wisata di wilayah provinsi kepri tahun 2022.


"Intinya TNI Manunggal Membangun Desa ini semua komponen khususnya baik itu dari TNI AD, AL, AU Dan POLRI serta seluruh masyarakat bergabung bersama sesuai dengan UU Nomor 34 tahun 2004 dimana dikatakan dalam operasi militer selain perang disebutkan kita membantu pemerintah daerah itulah salah satu wujudnya," ungkap Danrem.


Selain pembangunan fisik, ada juga non fisik berkolaborasi dengan dinas terkait termasuk dinas kesehatan dalam hal pengentasan masalah Stunting.


Kemudian, Danrem 033/WP, Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Jimmy Ramoz Manalu, S.Hub.Int juga mengatakan, tujuan dari aksi pembersihan pantai, pelabuhan serta obyek wisata ini adalah untuk mengembalikan kejayaan obyek pariwisata kepulauan riau yang meredup akibat pandemi Covid 19 dan mendukung pemulihan ekonomi kuartal II (dua) di wilayah Kepri dengan harapan lingkungan yang bersih, sehat dan indah dapat menciptakan kualitas kehidupan yang lebih baik dimasa depan.


"Seiring meningkatnya imunitas masyarakat kepri, jumlah wisatawan yang ingin menikmati indahnya provinsi kepri juga turut semakin bertambah. Namun dalam beberapa tahun dimasa pendemi ini menyisakan lingkungan yang kotor dan tidak terawat menjadikan keadaan kurang mendukung di sektor pariwisata, untuk itu saya mengajak TNI-POLRI dan Masyarakat Bersama Forkopimda mari bersama-sama kita bangkit bergotong royong membersihkan lingkungan demi mengembalikan kejayaan pariwisata di wilayah prov. Kepri ini," ujar Brigjen Jimmy.


Pembersihan pantai, pelabuhan dan tempat wisata yang di gagas Brigjen TNI Jimmy sejatinya merupakan bentuk operasi kemanusiaan yang membutuhkan kerjasama seluruh komponen masyarakat meliputi TNI, POLRI, FKPD dan para tokoh masyarakat serta dilaksanakan secara lintas sektoral. Seperti misalnya program citarum harum yang dicanangkan presiden jokowi, meskipun akan memakan waktu yang panjang namun apabila dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan tentu akan berdampak positif bagi kehidupan sosial dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Karena kebersihan lingkungan merupakan termasuk syarat utama dalam mendorong sektor pariwisata di provinsi Kepri.


Sejalan dengan itu, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Jumaga Nadeak mengatakan ini merupakan bentuk perwujudan bahwa TNI ada di tengah-tengah masyarakat.


"Secara nonfisik kegiatan ini membentuk kekuatan Nasional dan secara fisik ada Insfratruktur yang di bangun untuk mempermudah akses masyarakat serta untuk pemulihan ekonomi nasional," ujarnya. (*)


Penrem 033/WP



Share on Social Media