Natuna

Dandim 0318/Natuna Paparkan Rencana TMMD ke-115 kepada Pangdam I/BB

Juliadi | Kamis 06 Oct 2022 16:19 WIB | 981

AD/AL/AU
TNI/Polri
TMMD



MATAKEPRI.COM, NATUNA --  komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0318/ Natuna  memaparkan rencana Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 115 di kabupaten Kepulauan Anambas Kepada Panglima Komando daerah militer (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB) melalui Vicon bertempat di kodim Natuna bukit arai Desa sungai ulu kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna, Kamis (6/10/2022).


Kegiatan ini juga diikuti  oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/BB, Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Rifky Nawawi SE, SIP; Komandan komando resor kota (Danrem) 033/Wira Pratama (WP), Brigjen TNI Yudi Yulistyanto hadir juga para Danrem dan Dandim yang melaksanakan TMMD ke 115.


Sementara itu  Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas diwakili Staf ahli Bupati, Akmalruzzaman, S.Ag; Pabungdim 0318/Natuna, Mayor Arh T.H. Prabowo; Pasiterdim 0318/Natuna, Kapten Arh Agus Sungkowo; Kadis PUPR Pemkab Anambas, Andiguna Hasibuan juga mengikuti vicon di kantor Bupati Anambas.


Dalam Sambutan Pangdam I/BB yang disampaikan oleh Kasdam I/BB Brigjen TNI Rifky Nawawi SE, SIP, Paparan ini adalah salah satu wahana guna terwujudnya TMMD ke 115 tahun 2022. Diharapkan semoga menjadi ajang melakukan yang terbaik.


Pada kesempatan ini, ia menekankan kepada Dandim dan Dansatgas agar  koordinasi dengan unsur terkait sehingga setiap permasalahan dapat terselesaikan dengan baik dan dapat berjalan lancar dan aman serta sasaran yang direncanakan dapat tercapai.
Sasaran yang akan dilaksanakan yaitu Sasaran Fisik dan Sasaran Non Fisik.


Sasaran fisik diantaranya pembangunan  atau perbaikan infrastruktur. Sasaran  Non fisik seperti sosialisasi atau penyuluhan, hasilkan tidak dapat dirasakan sekarang akan tetapi untuk kedepan dapat dirasakan masyarakat.


Manfaatkan momentum sehingga sasaran fisik dan non fisik dapat dirasakan oleh masyarakat.


Sebelum mengakhiri sambutannya Kasdam I/BB menekankan kepada seluruh pemerintah daerah kita berharap kerja sama TMMD ini dapat berlanjut terus dalam rangka mendorong pembangunan di daerahnya. kita selalu berusaha mencari yang terbaik untuk kemajuan daerahnya.


Paparan Dandim 0318/Natuna Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis mengatakan, dasar pertimbangan pemilihan sasaran.
Aspek Kesejahteraan, meningkatkan taraf hidup masyarakat, aspek geopolitis dan geostrategis, mempermudah mobilisasi hasil pertanian dan laut, mempermudah jalan menuju sekolah/perkantoran.


Sedangkan dari Aspek sebagai jalan pendekat,  mempercepat beri bantuan/jalan evakuasi, memperkokoh silaturahmi TNI dan rakyat,  meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat. Di akhir paparannya komandan kodim menjelaskan Pelaksanaan TMMD dibuka secara serentak seluruh Indonesia pada tanggal 11 Oktober 2022 sampai 9 Nopember 2022.


Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan berupa Sasaran Fisik pembukaan jalan baru di Desa Tiangau Kem Siantan Selatan Kab. Kep. Anambas dengan luas lebar 12 m dan panjang 950 m dan Sasaran Non fisik berupa Penyuluhan Keagamaan, Penyuluhan kesehatan, penyuluhan hukum, penyuluhan narkoba, penyuluhan kemaritiman, penyuluhan stunting, penyuluhan bela negara, penyuluhan pariwisata, penyuluhan pertanian, penyuluhan lingkungan hidup.


Lebih lanjut Dandim Natuna menyampaikan personel satgas berjumlah 150 orang dengan rincian, Pokok satgas 15 orang , Tim Asistensi /Penyuluh 16 orang, Tim Keslap 5 orang, tim teknis 4 orang dan SSK TMMD 110 orang yang terdiri dari Yon komposit 20 orang,Lanal Tarempa : 10 orang, Lanud Raden Sadjad 3 orang, Polres Anambas10 orang,korem 033 WP 10 orang, Kodim 0318/Natuna : 57 orang.


Di tempat lain Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, M.A., M.Sc. menyampaikan
Evaluasi yang utama terkait lokasi TMMD di wilayah Kodim 0318/Natuna di Desa tiangau Kab. Kep. Anambas yaitu masalah angkutan dan serpas serta dorongan logistik disarankan kedepan Kodam bisa membantu berkoordinasi dengan Mabesad untuk biasa Serpas dibedakan dengan yg didaratan.


Lebih lanjut tantangan yang dihadapi yaitu adalah kendala cuaca sudah 1 minggu terakhir hujan rutin turun hal ini pasti semangat berpengaruh pada gelombang laut. Kami mengusulkan sebagai evaluasi bisa dibantu seperti operasional pengangkutan ataupun biaya Serpas. (***)



Share on Social Media