Batam

Hari Dharma samudra, Laksma Kemas Pimpin Upacara Tabur Bunga

Juliadi | Senin 16 Jan 2023 16:21 WIB | 484

AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV


Danlantamal IV Batam Laksmana Pertama Kemas M Ikhwan tabur bunga di dermaga Mako Lantamal IV, Senin (16/1/2023). Foto: A


MATAKEPRI.COM BATAM -- Memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2023, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Batam Laksamana Pertama (Laksma) TNI Kemas M Ikhwan Madani, S.Sos., M.Si didampingi Ketua Koordinator cabang (Korcab) IV DJA I Ny. TAReini Kemas memimpin langsung upacara tabur bunga di Dermaga Markas komando (Mako) Lantamal IV, Kota Batam, Kepulauan Riau. Senin (16/1/2023).


“Tanggal 15 Januari merupakan hari bersejarah bagi TNI Angkatan Laut yaitu di peringatinya Hari Dharma Samudera,” ujar Laksma Kemas.


Lanjut dikatakannya Laksma Kemas, agenda yang digelar setiap 15 Januari itu, bertujuan untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan yang gugur dalam berbagai pertempuran di Laut, seperti pertempuran di Selat Bali, Laut Cirebon, Teluk Sibolga dan pertempuran Laut Aru pada 15 Januari 1962.


Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang gugur di medan pertempuran di Laut Arafuru (Aru), mengheningkan cipta, pelarungan bunga ke laut oleh Danlantamal IV didampingi oleh Ketua Korcab IV DJA I serta dilanjutkan tabur bunga oleh seluruh pejabat utama Lantamal IV dan diakhiri dengan Doa.


Setelah rangkaian kegiatan tersebut berlangsung Danlantamal IV didampingi Ibu Ketua Korcab IV DJA Saya berkesempatan memberikan tali asih kepada ahli waris mantan ABK KRI Macan Tutul, diantaranya Ny. Salimah istri dari Alm Peltu (Purn) Santa, Ny. Maria Mahtaputy istri dari Alm Serma (Purn) Petrus Mahtaputy, Ny. Sutarmini istri dari Alm Peltu (Purn) Danu dan Ny. Zaharah istri dari Alm Serma (Purn) Djamani.


Turut hadir dalam upacara, Wadan Lantamal IV Kolonel Mar Andi Rahmat M, para Pejabat Utama (PJU) Danlantamal IV, Kasatker Lantamal IV, prajurit dan PNS Lantamal IV, para pengurus Korcab IV DJA I serta siswa pramuka Saka Bahari. (Adi)


Redaktur: ZB



Share on Social Media