Batam, News, Kepri

Berikan Kemudahan Bayar Pajak, Ditlantas Polda Kepri dan Samsat Luncurkan Progam Terbaru

Egi | Selasa 13 Jun 2023 15:58 WIB | 652

Polda Kepri
Satlantas


Dirlantas Polda Kepri saat diwawancarai awak media (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Direktorat Lalu Lintas Polda Kepri dan tim Pembina Samsat meluncurkan inovasi terbaru dengan cara menjemput bola untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak kendaraan. 


Kepulauan Riau merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang sebagian besar wilayahnya dikelilingi laut dan daratannya terdiri dari banyak gugusan Pulau. 


"Wilayah geografis Kepulauan Riau yang didominasi oleh perairan tidak menjadi halangan Polda Kepulauan Riau untuk melakukan inovasi dalam proses pelayanan Samsat,"ujar Direktur Ditlantas Polda Kepri, Kombes Pol Tri Yulianto kepada awak media, Selasa (13/6/2023) siang. 


Tri menjelaskan, pelayanan jemput bola ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang akan membayar pajak dan merupakan salah satu upaya dari Ditlantas Polda Kepri, Samsat yang dalam hal ini adalah Bapenda dan Jasa Raharja Kepri dalam mengembangkan inovasi pelayanan publik. 


"Kini telah kehadiran inovasi terbaru yang bernama SAMPUL (Samsat Antar Pulau) menjadi layanan Samsat Kepri yang termasuk kedalam salah satu Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018 bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang tinggal di pulau-pulau yang letaknya jauh dari kantor Samsat," jelas Tri Yulianto 


Lanjut Tri, Samsat antar pulau melayani pengesahan STNK Tahunan, pajak kendaraan bermotor tahunan dan SWDKLLJ. 


"Disana juga disertakan pelayanan cek fisik antar pulau untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan STNK 5 Tahunan," tuturnya. 


Selanjutnya, SAMLING (Samsat Keliling) juga diberikan kepada masyarakat dimana merupakan pelayanan samsat jemput bola.


"Kami juga bisa mendatangi pemilik kendaraan yang jauh dari pusat pelayanan pajak dengan kendaraan pelayanan yang beroperasi dari satu tempat ke tempat," bebernya. 


Tri menambahkan inovasi lainnya yaitu, SAMSAT Corner juga tampil untuk diberikan kepada masyarakat dimana merupakan pelayanan Samsat yang berada di pusat keramaian, perbelanjaan ataupun mall. 


"Konter pelayanan kita juga ada di BCS Mall, SPBU Vitka Tiban dan SP Plaza Batu Aji," jelas Tri


Selanjutnya, SAMBER (Samsat Bergerak) merupakan pelayanan Samsat jemput bola yang mana mendatangi pemilik kendaraan yang jauh dari pusat pelayanan pajak.


"Disini beroperasi pada kantor Kecamatan Bengkong, Nongsa dan Sei Beduk," imbuhnya. 


Tri menyebutkan, inovasi lainnya yaitu JEMPOL SAPRI (Jemput Bola Samsat Kepri) dimunculkan dimana merupakan pelayanan dimana petugas Samsat JEMPOL SAPRI yang sudah dihubungi akan mendatangi wajib pajak sehingga wajib pajak tidak perlu datang ke kantor Samsat atau Samsat Corner.


"Ada juga Samsat Dhrive Thru merupakan pelayanan samsat kepada masyarakat yang mengadopsi sistem pelayanan drive thru yang ada pada restoran siap saji dengan layanan pengesahan STNK, pembayaran pajak KBM dan SWDKLLJ tahunan tanpa harus turun dari kendaraannya," pungkasnya. 


Masih kata Tri, program SAMLINK merupakan suatu sistem jaringan database kendaraan bermotor yang dikembangkan oleh samsat Provinsi Kepri dengan menyatukan data yang ada pada samsat kota dan kabupaten di seluruh Kepri secara terpusat. 


"Program yang perlu diberikan juga Pojok BACA merupakan peningkatan sarana prasarana layanan Samsat Provinsi Kepri dengan menghadirkan Pojok Baca yang diperuntukan bagi wajib pajak dan petugas Samsat Provinsi Kepri, dengan adanya pojok baca diharapkan dapat meningkatkan wawasan masyarakat maupun minat baca petugas Samsat," beber Tri


Tri mengungkapkan, Dirlantas Polda Kepri memberikan inovasi -inovasi yang telah dibuat dengan harapan dapat mempermudah dan membantu masyarakat yang berada di Kepulauan Riau baik dari segi efektivitas dan efisiensi waktu pelayanan, kemudahan pembayaran, akuntabilitas keuangan, tranparasi biaya dan persyaratan serta jaminan pelayanan.


“Ditlantas Polda Kepri, Bapenda Kepri dan Jasa Raharja Kepri yang tergabung di dalam Tim Pembina Samsat Provinsi Kepri selalu berupaya untuk memberikan pelayanan secara maksimal dan terbaik disetiap kesempatan," tandasnya (egi) 


Redaktur: ZB




Share on Social Media