Batam

Tanggap Darurat Nataru 2024, Kri Silea- 858 Satrol Lantamal Iv Laksanakan Sar

Juliadi | Jumat 29 Dec 2023 13:18 WIB | 314

AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Dalam sebuah misi penyelamatan yang heroik, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Silea- 858 berhasil menyelamatkan Kapal Layar Motor Dragonet 01 yang mengalami kerusakan mati mesin di Utara P. Tonton dan hampir kandas dibawah jembatan Barelang, Kamis (28/12/2023).


KRI Silea-858, saat itu tengah melakukan patroli Pengamanan Natal dan tahun baru 2024 di sekitar wilayah tersebut, segera merespons panggilan darurat dari kapal layar motor Dragonet 01. Tanpa ragu, KRI Silea segera bergerak menuju Lokasi.


Ketika tiba dilokasi, KRI Silea terlebih dahulu melaksanakan komunikasi. Adapun Informasi yg didapat yaitu nama Kapal Layar Motor Dragonet 01 dengan Gt 96, dinahkodai oleh Labintan, adapun jumlah ABK sebanyak 5 orang, berangkat dari Kopak Jaya menuju Pulau tunjuk.


Selanjutnya KRI Silea dengan cepat merespons dan memberikan pertolongan kepada KLM Dragonet 01 dengan cara mengirimkan tali tambat dan melakukan Towing menuju Dermaga terdekat.


Dalam kesempatan yang sama Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama (Laksma) TNI Tjatur Soniarto CHRMP., M.Tr.Opsla menyampaikan, operasi penyelamatan ini menunjukkan kesiapan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Satrol Lantamal IV, dengan cepat merespons dan menanggapi keadaan darurat di perairan nasional, terutama dalam menghadapi liburan Natal dan tahun baru 2024 dimana cuaca mulai kurang bersahabat. 


Menurut Laksma Tjatur, himbauan bagi masyarakat terutama yang sedang beraktifitas di laut agar senantiasa memperhatikan perkembangan cuaca dan melengkapi peralatan kapalnya dengan alat keselamatan. 


"Keselamatan merupakan prioritas utama, penting bagi kita untuk melaksanakan langkah-langkah pencegahan yang tepat saat terjadi cuaca buruk di laut. Mari tetap waspada dan menjaga keselamatan diri dan orang lain,” pungkas Laksma Tjatur. (*) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media