Tanjungpinang

Danlantamal IV Tinjau Tes MI CABA dan CATA PK TNI AL Tahun 2002

Juliadi | Selasa 08 Feb 2022 19:06 WIB | 1196

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG -- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama (Laksma) TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., M.H., M.Tr.Opsla meninjau secara langsung pelaksanaan tes Mental Ideologi (MI) penerimaan Calon Bintara (CABA) dan Calon Tamtama (CATA) Prajurit Karier (PK) TNI Angkatan Laut Gelombang I Tahun 2002 yang diselenggarakan di Aula Yos Sudarso Markas Komando Lantamal IV Tanjungpinang, Selasa (8/2/2022).


Tes MI merupakan salah satu syarat dan bagian dari seleksi penerimaan calon prajurit TNI Angkatan Laut, yang bertujuan untuk menilai dan mengukur mental seseorang serta mengetahui wawasan kebangsaan yang dimiliki oleh tiap peserta calon prajurit TNI Angkatan Laut.

 

Wawasan kebangsaan tersebut meliputi pengetahuan dan pemahaman tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah (PUNP). 


Tes ini dilakukan dalam dua tahap yaitu tes tertulis dan wawancara. Peserta dapat mengikuti tes MI setelah dinyatakan lulus pada beberapa rangkaian tes sebelumnya antara lain: Pemeriksaan Administrasi, Kesehatan, Kesamaptaan Jasmani dan Kesehatan Jiwa.


Adapun jumlah peserta yang memenuhi syarat dan dapat mengikuti tes MI sampai dengan hari ini yaitu CABA PK Pria 89 orang, CABA PK Wanita 23 orang dan CATA PK 27 orang. 


Turut hadir Asisten Intelijen (Asintel) Danlantamal IV, Kolonel Laut (P) Syariful Alam mendampingi Danlantamal IV saat meninjau pelaksanaan tes MI tersebut. (**/Adi) 



Share on Social Media