Batam

Bawa Sabu, 3 Calon Penumpang Batik Air Diamankan Pam Bandara Hang Nadim

Juliadi | Jumat 08 Apr 2022 19:05 WIB | 1199

AD/AL/AU
Lanud



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Pengamanan (Pam) Bandara Hang Nadim dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim beserta petugas Bea Cukai dan Avsec bandara Hang Nadim mengamankan tiga orang laki-laki calon penumpang pesawat Batik Air, di Bandara Hang Nadim, Batam, Jumat (8/4/2022).


Ketiganya ditangkap karena dicurigai saat masuk melalui SCP 1, saat itu juga pihak Pam Bandara, Bea Cukai dan Avsec membawa mereka dan dilaksanakan test urine, selanjutnya diketahui bahwa  memang benar status urine ketiga orang tersebut positif menggunakan Narkoba, dan melalui penyeliedikan lebih lanjut mereka juga menyelundupkan 811,4 gram Narkoba yang dibagi menjadi 12 paket dan disembunyikan didalam dubur.


Komandan Lanud (Danlanud) Hang Nadim Batam Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan, S.A.P., menjelaskan, ketiga calon penumpang tersebut akan terbang naik pesawat tujuan Batam-Lombok. Yang akan transit melalui Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng.


Ketiga penumpang tersebut membawa Narkoba jenis Methamphetamine lewat Bandara, Kamis (7/4/2022) sekitar pukul 06.10 WIB. Gerak-gerik salah satu dari ketiga calon penumpang itu pun bikin petugas curiga saat akan melewati pemeriksaan SCP 1.


“Tertangkapnya ke tiga calon penumpang pesawat pembawa Narkoba berinisial BA, ZA dan Z ini merupakan kerja keras pihak unsur pengamanan Bandara (Bea Cukai, Avsec dan Pam Bandara dari personel TNI AU  Lanud Hang Nadim). Terutama dalam komitmennya guna menjadikan Bandara Internasional Hang Nadim bersih terhadap Narkoba dan jenis larangan lainnya,” ungkap Iwan.


Iwan juga mengucapkan terima kasih kepada pihak unsur pengamanan Bandara Internasional Hang Nadim (Bea Cukai, Avsec dan Pam Bandara dari personel Lanud Hang Nadim).


“Tidak ada tempat bagi pelaku Narkoba, Bandara Internasional Hang Nadim harus kita jaga marwahnya, sebagai Bandara Internasional, dan tidak kita inginkan Bandara Internasional Hang Nadim ini dikotori oleh perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum dan perundang-undangan,” kata Iwan.


Petugas Pam Bandara melaksanakan pengawasan yang ketat sehingga bisa menangkap ketiga orang laki-laki itu. Dan pengawasan akan terus dilakukan untuk mencegah peredaran Narkoba melalui transportasi udara.


“Dengan tertangkapnya calon penumpang atas nama BA, ZA dan Z merupakan bukti adanya pengawasan ketat oleh pihak unsur pengamanan Bandara Internasional Hang Nadim yang salah satunya adalah personel Lanud Hang Nadim, sehingga dapat meminimalisir dan mencegah peredaran jaringan Narkoba yang akan menggunakan transportasi jalur udara,” terang Iwan. (*) 



Share on Social Media