Karimun

Pasiterdim 0317/TBK TMMD ke-114 Beri Penyuluhan Wasbang kepada Warga Pulau Parit

Juliadi | Kamis 04 Aug 2022 12:43 WIB | 1008

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, KARIMUN -- Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 tahun 2022 Komando Distrik Militer (Kodim)  0317/Tanjung Balai Karimun (TBK) melaksanakan kegiatan non fisik  sosialisasi wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada warga dan pelajar Pulau Parit, Kamis (4/8/2022).


Peserta sosialisasi wasbang tersebut diikuti sebanyak 45 orang peserta, Pelaksa tugas(Plt) Kepala desa (Kades) Selat Mendaun bapak Nizam, masyarakat Pulau Parit dan siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Karimun di Balai Desa Selat Mendaun Kecamatan Selat Gelam Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).


Pasiterdim 0317/TBK Kapten Inf Parianto menjelaskan, selain sasaran fisik, dalam TMMD ini juga terdapat sejumlah sasaran non fisik dalam bentuk penyuluhan (sosialisasi) wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada warga pulau Parit dan pelajar.


Dalam sosialisasi Wasbang, tambah Pasiterdim 0317/TBK memaparkan nilai-nilai yang dikembangkan dalam bela negara, yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin Pancasila sebagai dasar ideologi negara, dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.


"Nilai dasar wawasan kebangsaan, yakni, penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, Tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas, merdeka dan bersatu, Cinta tanah air dan bangsa, demokrasi, kesetiakawanan sosial, dan masyarakat adil dan makmur," pungkas


Plt. Kades Selat Mendaun juga memberikan sambutan di sosialisasi wasbang, untuk pembinaan dan pembekalan wawasan kebangsaan sangat penting, guna menangkal semua radikalisme yang dapat merusak pikir-pikiran warga masyarakat dan anak-anak sekolah yang cinta tanah air. (Ril)



Share on Social Media