Batam

Danlanud Hang Nadim Terima PDSS Bomber Exercise

Juliadi | Jumat 04 Nov 2022 00:12 WIB | 816

AD/AL/AU
TNI/Polri
Lanud



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Hang Nadim Letnan kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan, S.A.P menerima Tim Pre Deployment Site Survey (PDSS) Bomber Exercise tahun 2023 antara TNI Angkatan Udara dan United State Pacific Air Force (USPACAF)  di ruang rapat Lanud Hang Nadim guna membahas rencana program latihan bersama tahun 2023 mendatang, Kamis (3/11/2022).


Tim survey dari TNI AU dipimpin Kolonel Pnb Dedy I.S. Salam, S.Sos., M.M yang keseharian menjabat sebagai Paban III/Lat Sopsau dan dari USPACAF dipimpin Mr. Brett Elliot Sailsbery beranggotakan 17 orang.


Rencana latihan yang akan digelar tahun depan memiliki dua opsi antara lanud Suwondo di Medan dengan menggunakan bandara kualanamu atau Lanud Hang Nadim di Batam sebagai Homebase latihan tersebut.


Lanud Hang Nadim atau Bandara Hang Nadim Batam menjadi salah satu opsi pilihan karena bandara Hang Nadim Batam memiliki klasifikasi panjang landasan yang sangat memenuhi syarat untuk take off dan landing bagi pesawat pembom B1 dan B52 yang akan digunakan dalam bomber exercise 2023 mendatang.


Kegiatan PDSS meninjau berbagai sarana dan fasilitas yang dimiliki bandara Hang Nadim meliputi DPPU Pertamina sebagai dukungan logistik bahan bakar, Apron Cargo Bandara Hang Nadim, Meteo, Tower PLLU dan Ground Handling.


"Latihan ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan para penerbang tempur dalam melaksanakan tugasnya menggempur sasaran musuh,” terang Iwan Setiawan. (*/Adi)



Share on Social Media