Nasional

Menkumham RI Luncurkan Buku

Juliadi | Senin 29 May 2023 11:32 WIB | 530

Menteri/Wamen
Kemenkumham


Menteri Hukum dan hak asasi (Menhumkam) RI, Yasonna H. Laoly, Sabtu (27/5/2023). Foto: Istimewah


MATAKEPRI.COM, JAKARTA -- Spesial di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Menteri Hukum dan hak asasi (Menhumkam)  RI, Yasonna H. Laoly resmi luncurkan buku  ‘Anak Kolong Menjemput Mimpi’, Sabtu (27/5/2023).


Buku yang ditulis Setyo Gunawan dan Imran Hasibuan itu merekam perjalanan hidup Yasonna sejak masih kecil, hingga dewasa.


Dalam buku ini pula dikisahkan Yasonna saat berada di negeri Paman Sam untuk menempuh pendidikan di Virginia Commonwealth University dan North Carolina University.


Penulisan buku biografi ini tak lepas dari dorongan koleganya, dan diharapkan  diluncurkan bersamaan peringatan HUT nya ke 70 tahun. Perjalanan hidup Yasonna pun bisa disaksikan lewat film pendek yang juga ditayangkan pada acara HUT nya.


Sejumlah tokoh nasional, seperti anggota DPR RI, anggota kabinet direncanakan hadir di Gedung Kemenkumham, Jakarta, untuk ikut merayakan HUT ke-70 Yasonna Hamonangan Laoly, termasuk Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPR RI Puan Maharani.


Kedua tokoh ini ikut memberi kata sambutan dalam buku biografi Yasonna Anak Kolong Meraih Mimpi yang ditulis oleh  Imran Hasibuan (Ucok).


Secara khusus, Menkumham mengucapkan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia yang kelima, Megawati Soekarto Putri, yang juga hadir langsung mengikuti kegiatan.


“Ibu Mega-lah yang menggembleng saya dalam mencapai karir hingga saat ini. Berkat bantuan Ibu Megawati saya dapat melaksanakan tugas ideologis dan birokratif yang dilaksanakan hingga saat ini," ungkapnya.


"Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Dan, terima kasih telah bersedia menulis kata pengantar sebagai pembuka pada buku saya. Selain Ibu Mega, saya juga berterima kasih kepada Ketua DPR RI Puan Maharani yang juga menulis sekapur sirih pada buku saya. Merupakan sebuah kebanggaan bagi saya,” tambah Yasonna.


Sebagai tanda launching, dilakukan penyerahan buku fisik kepada Yasonna Laoly serta penyerahan sertifikat Hak Cipta oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intlektual, Min Usihen.


Meski usianya sudah menginjak 70 tahun, Yasonna tampak bersemangat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai Menkumham. Selalu aktif memberikan pembinaan dan menjadi role model bagi seluruh insan Pengayoman di Indonesia. (Ril)


Redaktur: ZB



Share on Social Media