Batam

Kapal Perang KRI Dewa Ruci Bersandar Di Pelabuhan Batu Ampar

Maman | Kamis 23 Nov 2017 12:23 WIB | 3250




MATAKEPRI.COM, Batam -  Setelah kapal perang KRI Banda Aceh yang singgah di batam, kini giliran  Kapal KRI Dewa Ruci juga singgah dan sudah sandar di Pelabuhan Batu Ampar, Kamis (23/11/2017).

Kapal  KRI Dewa Ruci tersebut akan berada di Batam selama beberapa hari ke depan dan akan dibuka untuk umum yang ingin menyaksikan kapal KRI Dewa Ruci tersebut. 

Kapal KRI Dewa Ruci tersebut merupakan Kapal latihan  bagi taruna Akademi Angkatan Laut (AL) , TNI Angkatan Laut (TNI  AL) . Kapal ini berbasis di Surabaya dan merupakan kapal layar terbesar yang pernah dimiliki TNI AL.

Nama kapal tersebut diambil dari nama dewa dalam kisah pewayangan Jawa, yaitu Dewa Ruci.

Dewa Ruci berukuran 58,5 meter dan lebar 9,5 meter dari kelas Barquentine ini dibangun oleh H. C. Stülcken & Sohn Hamburg, Jerman dan merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi produk galangan kapal itu pada 1952 yang masih layak layar dari tiga yang pernah diproduksi.

Pembuatan kapal tersebut dimulai pada tahun 1932, namun pernah terhenti karena saat Perang Dunia II karena galangan kapal pembuat kapal tersebut akhirnya rusak parah. Kapal tersebut akhirnya diselesaikan pada tahun 1952 dan diresmikan pada tahun 1953.

Dewaruci dibuat pada tahun 1952 oleh H. C. Stülcken & Sohn Hamburg, Jerman Barat, pertama diluncurkan pada tanggal 24 Januari 1953, dan pada bulan Juli nya dilayarkan ke Indonesia oleh taruna AL dan kadet ALRI.

Setelah itu KRI Dewaruci yang berpangkalan di Surabaya, ditugaskan sebagai kapal latih yang melayari kepulauan Indonesia dan juga ke luar negeri. KRI Dewaruci juga pernah mengelilingi dunia 2 kali. (Juliadi)



Share on Social Media