Batam, News, Kepri

Lestarikan Hutan, IHGMA Kepri Tanam Bibit Pohon di Panbil Nature Reserve

Egi | Minggu 21 Aug 2022 15:49 WIB | 1011

Aset Daerah
Lingkungan Hidup
Hutan
Investasi
Pariwisata


Ketua DPD IHGMA Kepri, Yeyen Heryawan melakukan penanaman bibit pohon di Panbil Nature Reserve (foto:Egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Kepulauan Riau (Kepri) melakukan Gerakan Penghijauan Penanaman Pohon, pada Minggu (21/8/2022) pagi di Panbil Nature Reserve Kota Batam. 


Ketua DPD IHGMA Kepri, Yeyen Heryawan mengatakan, hari ini kita melaksanakan penanaman bibit pohon di Panbil Nature Reserve ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-77. 


"Ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh seluruh General Manager Hotel secara serentak diseluruh daerah di Indonesia," kata Yeyen. 




Ada yang melaksanakan pembuatan tumpeng, bersih-bersih pantai dan untuk di Kepri kita melakukan penghijauan dengan cara menanam bibit pohon. 


"Kita melakukan penanaman 20 bibit pohon dengan jenis pohon Buni dan pohon Pelawan. Penanaman bibit pohon ini merupakan untuk menambah oksigen di Batam dan kegiatan ini juga sejalan dengan program Walikota Batam dalam melakukan penghijauan disepanjang jalan Kota Batam," bebernya. 


Ditempat yang sama, Direktur Panbil Group Patrick Lionel Nathan Aritonang mengatakan, kita sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh IHGMA yaitu penanaman bibit pohon di Panbil Nature Reserve. 




"Kegiatan penghijauan ini juga mendukung untuk melindungi hutan yang mana nantinya juga akan membangkitkan Pariwisata kita di Kota Batam," ujar Patrick. 


Kedepannya, kita berharap tetap bisa melanjutkan kegiatan seperti ini untuk edukasi lingkungan hidup dalam melestarikan alam kita.


"Semoga kedepannya, hutan kita kelestariannya tetap terjaga, untuk itu dari sekarang kita melakukan penghijauan. Penanaman bibit pohon ini nantinya untuk target 5 sampai 10 kita kedepan," ungkapnya. 




Galih J. Purnama, selaku Operational General Manager Panbil Nature Reserve juga menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu misi kita. 


"Seperti yang kita ketahui, Kota Batam merupakan Kota Industri. Untuk itu kita harus menjaga keasrian, kelestarian untuk jadikan hutan ini sebagai paru-paru nya Kota Batam," kata Galih. 


Lanjutnya, pelestarian hutan ini kita bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup untuk dikelola sebaik mungkin. 


"Secara simbolis kita telah melakukan penanaman bibit pohon. Selain itu kita juga memperkenalkan kepada IHGMA Kepri flora dan fauna di Panbil Nature Reserve," bebernya. 




Setelah melaksanakan penanaman bibit pohon, kita juga memandu untuk melaksanakan hiking di hutan ini. 


"Kita juga kenalkan hutan-hutan kita disini, yaitu hutan pelawan dengan ciri khasnya batang pohon berwarna kemerahan. Ini sangat cocok untuk spot berfoto. Apalagi dengan cuaca habis hujan saat ini, warna kemerahan semakin terlihat indah," ungkapnya. 


Galih juga menghimbau kepada masyarakat Kota Batam, mari sama-sama kita menjaga kelestarian hutan ini, agar nantinya anak-anak kita bisa menikmati indahnya hutan-hutan di Kota Batam (Egi). 




Share on Social Media