Batam, News, Kepri

2 Hari Terombang-ambing Di Perairan Malaysia, 7 WNI Diselamatkan KJRI Johor

Egi | Rabu 31 Aug 2022 12:58 WIB | 700

Lingkungan Hidup
Transportasi
Agen Kapal
Shipping



MATAKEPRI.COM BATAM -- KJRI Johor Bahru  selamatkan 7 (tujuh) orang Warga Negara Indonesia yang terapung di perairan Laut Cina Selatan pada (26/8/2022). 


Konsul Johor, Rizali Noor mengatakan, KJRI Johor Bahru menerima informasi dari Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) terkait adanya kapal taksi air SB Wiratama (asal Batam) yang ditemukan terhanyut di perairan Malaysia. 


"Dalam penulusuran oleh Satgas Pelindungan WNI KJRI Johor Bahru, diketahui bahwa kapal tersebut membawa 7 orang WNI yang akan melakukan crew change atau pergantian ABK kapal pengangkut minyak MT Voras di wilayah Outer Port Limit (OPL)," kata Rizali pada Rabu (31/8/2022) pagi. 


Lanjutnya, dalam perjalanan menuju Batam, kapal SB Wiratama mengalami kehabisan bahan bakar sehingga terapung selama dua hari di perairan Laut Cina Selatan. 


"Kapal SB Wiratama ditemukan oleh Patroli Air Malaysia yang kemudian menarik kapal tersebut untuk penyelamatan ke pelabuhan di wilayah Mersing, Johor," bebernya. 


Menindaklanjuti laporan APMM, Satgas KJRI segera malakukan verifikasi kewarganegaraan 7 WNI di dalam kapal tersebut dan berkoordinasi dengan APMM Zon Maritim Mersing terkait proses pemulangan ke Batam. 


"Setelah dilakukan verifikasi, pendataan kekonsuleran, dan negosiasi dengan APMM, kapal SB Wiratama beserta ketujuh WNI dapat berlayar kembali ke perairan terluar Malaysia pada 28 Agustus 2022, dan sampai di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam sekitar pukul 11.30 WIB," tuturnya. 


Keberhasilan pemulangan WNI terlantar oleh KJRI Johor Bahru ke Batam merupakan hasil dari komunikasi dan kerjasama yang telah terjalin baik selama ini antara KJRI Johor Bahru dan APMM. 


Adapun nama ketujuh WNI yang diselamatkan oleh KJRI Johor Bahru yaitu :


1. Sulaiman, asal Batam, Kepri

2. Dedi Haryanto, asal Batam, Kepri

3. Andry Rizky Afrilsyah, asal Batam, Kepri

4. M. Gian Wijaya asal Batam, Kepri

5. Sokhitau Hulu, asal Nias Selatan, Sumut

6. Aditya Prasetyo Hutagalung, asal Sibolga, Sumut

7. Pramana Rachmanda, asal Bandung, Jabar, (egi




Share on Social Media