Karimun

Uniba Unggul Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Karimun di Bidang Tri Dharma Pendidikan

Juliadi | Senin 31 Oct 2022 16:42 WIB | 1482

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Perguruan Tinggi/Sekolah
Pendidikan



MATAKEPRI.COM, KARIMUN -- Bupati Karimun Dr H.Aunur Rafiq, S.Sos., M.Si melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Batam (Uniba), penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Bupati bersama pihak Yayasan Griya Husada Uniba Batam di aula utama kediaman rumah dinas Bupati Tanjung Balai Karimun (TBK), Sabtu (29/10/2022) kemarin.


Penandatanganan MoU yang dilakukan oleh Bupati TBK Aunur Rafiq bersama Indrayani, SE., MM., Ph.D selaku Pengawas Griya Husada Uniba dengan tujuan untuk mendukung Tridharma Perguruan Tinggi dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).


Dalam sambutannya, Aunur Rafiq mengatakan, pihaknya menyambut baik adanya kerja sama antara Pemkab Karimun dengan pihak Universitas Batam.


"Kami sangat menyambut baik atas adanya penandatanganan MoU ini,adanya penandatanganan ini tentu saja akan kembali memperkuat kerjasama antara Universitas Batam yang sudah terjalin baik selama ini," ungkap Aunur Rafiq.


Aunur Rafiq juga menegaskan dalam satu poin utama di MoU tersebut agar terjalin sinergi dan kolaborasi yang saling menguntungkan bagi kedua lembaga dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, misalnya didalam penguatan institusi berbasis akreditasi,program merdeka belajar kampus merdeka serta peningkatan sumber daya manusia di wilayah provinsi Kepri.


"Meningkatkan sumber daya manusia untuk menjadikan Tanjung Balai Karimun sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan yang dilandasi oleh iman," kata Aunur Rafiq.


Hal senadah juga disampaikan oleh Pengawas Yayasan Griya Husada Uniba, Indrayani, SE., MM., Ph.D mengatakan, bahwa kerjasama ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti MoU pertama hingga ketiga ini sebagai realisasi dari MoU dalam bentuk perjanjian kerjasama secara teknis.


Adapun rencana yang telah diatur misalkan MoA antara UNIBA dengan BKPSDM dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Balai Karimun yang akan menaungi studi lanjut para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun pada pilihan berbagai Strata di UNIBA ditingkat S1, S2 maupun S3 yang tersedia di Kampus Universitas Batam.


Selain itu program kerjasama ini pastinya guna mendorong rencana program beasiswa bagi siswa-siswi Tanjung Balai Karimun yang berprestasi dan nantinya dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang Prodi S1 Kedokteran UNIBA dengan pembiayaan dari dana APBD Pemkab Karimun. 


Kerjasama ini diharapkan mewujudkan kemitraan yang strategis dalam hal pengembangan sumber daya manusia,sehingga dapat mempercepat terwujudnya sumber daya manusia yang handal,kompeten dan profesional bagi kalangan aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun dan juga dapat mengatasi jumlah tenaga dokter dan tenaga kesehatan di Pemerintahan Kabupaten Karimun.


"Kita berharap semoga MoU dan MoA ini dapat segera ditindaklanjuti dengan aksi nyata demi tercapainya visi UNIBA Unggul dan Pemkab Tanjung Balai Karimun yang sejahtera," tutup Indrayani. (***)



Share on Social Media