Nasional

Pasca Gempa Cianjur, Ribuan Personil TNI-Polri dan Masyarakat Bersihkan Puing-puing

Juliadi | Sabtu 10 Dec 2022 15:30 WIB | 394

TNI/Polri


Irjen Pol Suntana didampingi Danrem Kencana Bogor Brigjen TNI Rudy Saladin mempimpin apel gabungan, Jumat (9/12/2022). F


MATAKEPRI.COM JABAR -- Pasca terjadinya gempa bumi dan kesiapan penanganan serta penanggulangannya, Kepala Kepolisian daerah (Kapolda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Suntana didampingi Komandan Komando resor militer (Danrem) Surya Kencana Bogor Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Rudy Saladin mempimpin apel gabungan recovery di lapangan Stadion Badak Putih Cianjur, Jumat (9/12/2022).


Dilansir dari tribatanews, Suntana mengatakan bahwa sebagaimana arahan dari Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), bahwa TNI-Polri membantu masyarakat untuk membersihkan puing puing bangunan pasca gempa, karena memang sudah dipercepat proses untuk recovery rumah-rumah warga masyarakat yang rusak.


"Untuk pembersihan puing-puing ini Polri mengerahkan ribuan personel baik dari Mabes Polri, Polda Jawa Barat maupun Polres Cianjur," kata Suntana.


Lanjut dikatakan Suntana, bahwa telah dilaksanakan pembersihan di 20 titik. Pembersihan puing-puing juga akan dibantu dari Satpol PP dan PUPR bersama-sama dengan warga masyarakat serta relawan.


"Mereka semua akan membantu bersama TNI Polri membersihkan puing puing di lingkungan rumah warga yang mengalami kerusakan ringan sedang maupun rusak berat," katanya.


Suntana pun berharap dengan adanya bantuan dari TNI maupun Polri, serta pemerintah daerah bisa mempercepat untuk proses pemulihan.


Pada kegiatan pembersihan puing-puing hari ini, digunakan 4 alat berat escavator dan 12 kendaraan truk untuk mengangkut proses puing-puing yang nanti akan dipindahkan. Hal ini dilakukan guna mempercepat proses pemulihan pembersihan puing-puing.


"Pada pembersihan puing-puing tersebut, harus ada persetujuan dari pemilik rumah," katanya. (***)


Redaktur: ZB



Share on Social Media