Pojok Opini & Puisi, Batam, News, Advetorial, Mata Foto, Pendidikan, Batam

Kunjungan Mahasiswa Universitas Internasional Batam ke Panti Asuhan Muhabbatul Haq Batam

Riki | Senin 07 Aug 2023 17:22 WIB | 1900

UIB
pantiasuhan


Foto Bersama Kelompok Bugis 2 dan anak-anak Panti Asuhan Muhabbatul Haq. (foto: Serlen Margareta)


MATAKEPRI.COM, BATAM- Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, sebuah aksi kemanusiaan telah diselenggarakan oleh sekelompok mahasiswa-mahasiwi dari Universitas Internasional Batam (UIB) untuk mengunjungi Panti Asuhan Muhabbatul Haq Batam yang berlokasi di Gg. Melati Jl. Tg. Uma No.37 Kecamatan Lubuk Baja pada Minggu (21/05/2023).


Kunjungan ke panti asuhan adalah bagian dari program sosial yang diadakan oleh UIB, kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan mahasiwa tentang pentingnya kepedulian sosial dan memberikan pengalaman berharga yang dapat membuka wawasan mahasiswa tentang realitas kehidupan yang berbeda. Dalam kunjungan kali ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk bekontribusi positif dengan berinteraksi dan berbagi pengalaman dengan anak-anak panti.


Panti Asuhan Muhabbatul Haq ini didirikan sejak tahun 2004 hingga saat ini. Anak-anak yang tinggal di panti tersebut yakni anak laki-laki dan juga perempuan dari jenjang SMP hingga SMA. Sesampainya mahasiswa-mahasiswi UIB di panti asuhan, pengurus panti dan anak-anak menyambut dengan senyuman hangat dan penuh sukacita. Di balik senyuman mereka, mahasiswa-mahasiswi menyadari betapa berharganya setiap momen yang terjadi di sana. Dari sana, mahasiswa-mahasiswi pun menyadari bahwa anak-anak tetap penuh semangat meskipun harus menghadapi tantangan kehidupan yang berat, rasa haru pun tak terbendung. 



Sesi Doa Bersama. (foto: Serlen Margareta) 

Acara kunjungan ini dimulai dengan doa bersama agar kegiatan yang akan dilaksanakan bisa selesai dengan lancar. Selanjutnya ada pemaparan materi dari tim mahasiswa yang bertema “Literasi Keuangan” yang bertujuan untuk mengajari anak-anak di sana mengenai pentingnya menabung untuk masa depan. Anak-anak pun turut berbagi cerita bahwa mereka sudah menyisihkan sebagian uang sakunya untuk disimpan atau ditabung. Setelah itu, mahasiswa mengadakan sesi bermain bersama dan kemudian dilanjuti dengan pemaparan materi mengenai pentingnya literasi bagi anak-anak. Sebagai penutupan, sesi terakhir adalah pembagian santunan sosial, sembako, dan dokumentasi. 



Pemaparan materi mengenai pentingnya menabung oleh Kelompok  Bugis. (foto: Serlen Margareta)


Sesi Permainan oleh Kelompok Bugis. (foto: Serlen Margareta)


Pemaparan materi mengenai pentingnya literasi oleh Kelompok Bugis. (foto: Serlen Margareta)


Pembagian hadiah kepada pemenang games. (foto: Serlen Margareta)


Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan bantuan sosial berupa sembako, pemaparan edukasi mengenai pengetahuan menabung dan investasi di masa yang akan mendatang, mengadakan permainan dengan melatih fokus secara individu dan juga kelompok yang diikuti oleh anak-anak panti, pembuatan pojok literasi untuk mendukung gerakan literasi di Indonesia, serta pemberian hadiah kepada seluruh anak-anak di panti asuhan tersebut.