Bintan, Pendidikan

250 Putra Terbaik Wilayah Barat Ikuti Pendidikan Dasar Kemiliteran Siswa Dikba dan Dikmata PK TNI AL

Juliadi | Selasa 04 Apr 2023 12:56 WIB | 2542

Pendidikan
AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV


pendidikan dasar kemiliteran siswa Dikmaba dan Dikmata, Senin (3/4/2023). Foto: Istimewah


MATAKEPRI.COM TANJUNG UBAN -- Upacara pembukaan pendidikan dasar kemiliteran siswa Pendidikan pertama bintara (Dikmaba) dan Pendidikan pertama tamtama (Dikmata) Prajurit Karir (PK) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) Angkatan XLIII Tahun Anggaran 2023, diikuti sebanyak 250 Putra terbaik wilayah Barat yang dibuka oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiktal) Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Mar) Suharto, M.Tr (Han) bertempat di lapangan Apel Markas komando (Mako) Satuan Pendidikan (Satdik)-1 Kodiklatal Jalan Diponegoro, Tanjung Uban, Kepulauan Riau, Senin (3/4/2023).


Pembukaan pendidikan tersebut ditandai dengan  pernyataan resmi serta penyematan tanda siswa, yang kemudian dilanjutkan dengan masa orientasi siswa.


Dalam amanatnya Letjen TNI (Mar) Suharto, M.Tr (Han) menyampaikan, rasa bangganya karena para siswa-siswa terpilih ini memilih TNI AL sebagai tempat pengabdiannya.


"Rasa bangga saya kepada saudara yang memilih TNI AL sebagai pengabdian pada bangsa dan negara, maka para siswa juga harus bangga telah lolos melewati  tahapan-tahapan seleksi penerimaan yang  ketat. namun, kebanggaan tersebut harus saudara imbangi dengan mengikuti pendidikan sebaik-baiknya, karena sejak saat ini secara resmi saudara-saudara sekalian telah menjadi siswa di lembaga pendidikan TNI AL yang  harus  tunduk  dan   patuh  pada  semua peraturan pendidikan yang  telah  ditetapkan  di  kodiklatal," ungkap Suharto. 


Ditempat yang berbeda, Komandan pangkalan utama TNI AL (Danlantamal) IV Batam, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Kemas M. Ikhwan Madani, S.Sos., M.Si menyampaikan, rasa bangganya karena siswa bintara dan tamtama ini merupakan siswa angkatan ke 3 semenjak Lembaga Pendidikan Angkatan Laut Satdik 1 Tanjung uban dibuka. 


Menur Kemas, Satdik 1 ini telah melahirkan prajurit yang tanggap, tanggon, dan trengginas untuk ditugaskan pada beberapa pos terluar TNI AL yang ada di Kepualaun Riau.


"Pendidikan yang diselenggarakan di Satdik-1 meliputi 3 tahapan yang terdiri tahap keprajuritan selama 3 bulan, pendidikan dasar golongan selama 1 bulan dan pendidikan dasar lanjutan selama 2 bulan," tutup Kemas. 


Turut hadir menyaksikan pembukaan pendidikan Siswa Dikmaba dan Dikmata PK TNI AL Angkatan XLIII TA. 2023 Panglima Komando gabungan wilayah pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Kepulauan Riau, Kepala zona (Kazona) Badan Keamanan laut (Bakamla) Barat, Komandan (gugus tempur laut (Danguspurla) Koarmada I, Komando gugus Keamanan laut (Danguskamla) Koarmada I, Ir Kodiklatal, Dirdik Kodiklatal, Danlantamal I Belawan, Danlantamal II Padang, Danlantamal XII Pontianak, serta perwakilan Forkopimda Kepri. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media