Pojok Opini & Puisi, Batam, News, Pendidikan

Mahasiswa UIB Berhasil Kembangkan Applikasi Belajar Bahasa Mandarin dan Jepang Dengan Teknologi ML

Egi | Rabu 22 Nov 2023 20:53 WIB | 1272

Perguruan Tinggi/Sekolah


Mahasiswa UIB perlihatkan pengembangan applikasi belajar Bahasa Mandarin dan Jepang (foto:ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Universitas Internasional Batam berhasil mengembangkan aplikasi belajar bahasa Mandarin dan Jepang yang menggunakan teknologi machine learning, gamifikasi, speech recognition dan augmented reality. 


Di era modern ini, bahasa Mandarin dan bahasa Jepang sudah menjadi kebutuhan untuk seluruh kalangan mahasiswa. Banyak sekolah sudah menawarkan pembelajaran bahasa asing, selain bahasa inggris dan tidak sedikit sekolah yang mulai mengarah ke trilingual. 


Proses belajar bahasa asing memang adalah hal yang sulit, terutama Bahasa Mandarin atau Jepang yang mana membutuhkan selain kemampuan berbahasa, juga intonasi yang tepat dalam pengucapannya. Belum lagi kalau menyebutkan aksara pada kedua bahasa tersebut yang tergolong piktogram semakin sulit untuk dipelajari. Layanan belajar yang tersedia berbayar dan tidak memiliki banyak alternatif yang sesuai.




Dari hasil penelitian Dosen dan Mahasiswa Universitas Internasional Batam, tepatnya dari Program Sistem Informasi berupaya untuk menjawab masalah ini dengan berhasil mengembangkan aplikasi belajar bahasa Mandarin dan Jepang yang menggunakan teknologi Machine Learning, Gamifikasi, Speech Recognition dan Augmented Reality. 


Hasil penelitian Dosen UIB, Suwarno, Jimmy Pratama, Eryc, dan Deli yang dibantu oleh mahasiswa UIB: Jonathan (2031016), Tasya Chandra (2031008), Henry (2031119), Andre Jonathan Harahap (2031095), Marvin Christian (2031140) telah mengembangkan beberapa solusi yang bisa digunakan oleh khalayak umum untuk belajar bahasa Mandarin dan Jepang dengan tujuan mengambil sertifikasi bahasa HSK untuk Bahasa Mandarin dan JLPT N5 untuk bahasa Jepang.


Suwarno, salah satu Dosen UIB menyebutkan, penerapan teknologi terbaru ini harus ditujukan untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada."Kami berupaya dengan adanya aplikasi ini, masyarakat, terutama dari generasi muda tertarik untuk belajar dengan cara yang lebih now," kata Suwarno. 




Ditempat yang sama, Marvin Christian menambahkan bahwa banyak orang yang tertarik dengan bahasa Jepang karena budaya anime yang berkembang di Indonesia."Namun tidak banyak orang yang tahu atau tertarik mengambil ujiannya, terutama di Batam, yang mana tidak tersedia ujian JLPT. Kami berharap, penyedia JLPT akan sampai ke Batam," ucap Marvin. 


Tony Wibowo, Ketua Prodi Sistem Informasi UIB mengatakan, seluruh aplikasi ini sedang dalam proses publikasi ke jurnal yang bereputasi di Indonesia dan juga dalam proses pengajuan HAKI. "Aplikasi ini akan kami pamerkan dalam expo Student Project yang akan dilakukan pada 23 Desember 2023 nanti di kampus UIB, masyarakat yang tertarik bisa ikut datang dan mencoba sendiri aplikasi ini bersama dengan proyek lainnya yang dihasilkan oleh mahasiswa kami," beber Tony mengakhiri (**/egi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media