Batam, News

BPTD Kepri dan Tim Gabungan Siapkan Skenario Antisipasi Penumpukan Penumpang Roro

Egi | Selasa 19 Dec 2023 18:12 WIB | 290

Jasa Raharja
Bandara/Pelabuhan
Transportasi
Arus Mudik
Dinas Perhubungan
ASDP
BPTD Kepri
Pelabuhan Roro


Foto bersama saat pelaksanaan Apel Gelar Pasukan di Pelabuhan Roro Punggur (foto:Egi)


Matakepri.co.id Batam - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kepri melaksanakan apel gelar pasukan di Pelabuhan Roro Punggur, Batam, Kepulauan Riau untuk menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024, Selasa (19/12/2023).


Apel gabungan ini diikuti bersama TNI-POLRI, Jasa Raharja, BMKG, dan insan perhubungan yang dipimpin langsung Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kepri, Junaidi.


Janaidi mengatakan, ini merupakan apel gelar pasukan yang perdana digelar untuk menyambut Nataru 2024.


"Apel gabungan ini merupakan kegiatan positif yang dilakukan untuk melakukan kelancaran para pemudik dalam menyambut Nataru 2024 yang mana kegiatan ini dilaksanakan 7 hari sebelum dan 7 hari setelah Nataru 2024," kata Junaidi.




Lanjutnya, selama yang sudah ditentukan, ASDP juga sudah siapkan petugas untuk melakukan pengamanan agar tidak terjadinya penumpukan penumpang.


"Nanti akan ditugaskan 80 personel untuk menjaga keamanan dan kelancaran di Pelabuhan Punggur," tuturnya.


Junaidi juga mengingatkan, bahwa yang dikhawatirkan untuk saat ini ialah terkait cuaca intensitas untuk hujan sangat tinggi.


"Ini menjadi perhatian kita semua kepada kapal-kapal yang akan melakukan perjalanan untuk berkoordinasi terlebih dahulu dengan BMKG. Agar penumpang yang dibawa selamat sampai dengan tujuan," ungkapnya.


Kepala Cabang ASDP Batam Nana Sutisna mengatakan, untuk armada dari Batam tujuan Tanjung Uban disaat Nataru 2024 tetap seperti biasa.


"Untuk mengantisipasi penumpukan penumpang, kita dari ASDP belum ada penambahan armada, tetapi kita akan melakukan percepatan dalam perjalanan. Yang artinya biasa perjalanan memakan waktu sekitar satu jam, bisa menjadi 40 atau 30 menit," kata Nana.




Selanjutnya, untuk pengangkutan kendaraan bermotor yang biasanya muat 30 sampai 50 motor, pada momen Nataru akan dilakukan perubahan.


"Untuk menghindari antrian yang panjang, khusus satu kapal nantinya akan diisi oleh pengendara sepeda motor," ungkapnya.


Sementara itu, Kepala BPTD Kepri, Dini Kusumahati Damarintan menjelaskan, dalam pengamanan Nataru tahun ini, sudah ada didirikan Posko pelayanan di pelabuhan Punggur dan Uban.


"Semua instansi disini ada personilnya, dan apapun bentuk yang diminta masyarakat akan kami layani dengan baik," kata Dini.


Dini menuturkan, dengan bersinergi dan bekerjasama seluruh instansi dalam pengamanan Nataru, maka pelayanan kepada masyarakat akan dipenuhi.


"Kami juga ada bantuan dari Jasa Raharja, ASDP, dan TNI-POLRI akan melayani masyarakat pada Nataru," pungkasnya (Egi)


Redaktur: ZB



Share on Social Media