Batam, News, Kepri

Dibangun Senilai 1,5 Juta Dolar AS, Pusat Pelatihan Maritim Bakamla RI Resmi Digunakan

Egi | Senin 29 Jan 2024 21:11 WIB | 239



Penandatanganan peresmian Pusat Pelatihan Maritim Bakamla RI(foto:Egi)


Matakepri.com Batam - Bakamla Republik Indonesia bersama Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) meresmikan pusat pelatihan maritim Bakamla RI di Batam, Kepulauan Riau, Senin (29/1/2024).


Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Irvansyah mengatakan, peresmian pusat pelatihan ini diadakan setelah dilakukan penandatanganan rencana kerja bilateral keamanan maritim pada 8 November 2023 yang lalu.


"Pusat pelatihan maritim "Anambas" di Batam menjadi tonggak bersejarah. Tidak hanya dilakukan pelatihan bagi para pelaut, namun juga memperkuat tali silaturahmi antar negara dan memperkuat keterikatan yang mendorong kemajuan serta keamanan laut demi masa depan yang aman dan sejahtera," kata Irvansyah.


Lanjutnya, pusat pelatihan ini dibiayai oleh US State Department's Bureau of International Narcotics and Law Enforcement (INL).


"Pembangunan pusat pelatihan maritim senilai 1,5 juta dolar AS ini, menandai penyelesaian tahap kedua kerjasama di Batam. Pusat pelatihan komprehensif ini mencakup enam ruang kelas, ruang konferensi, dan kantor," jelasnya.


Sebelumnya, pembangunan tahap pertama telah selesai pada bulan Juni 2022, dengan alokasi dana lebih dari 700 ribu dolar AS untuk fasilitas ruang makan, serta barak laki-laki dan perempuan yang dapat menampung hingga 50 orang siswa dan 12 orang instruktur.


Ditempat yang sama, perwakilan kedutaan besar Amerika Serikat untuk Indonesia Michael F. Kleine mengatakan, peresmian pusat pelatihan ini menandai pencapaian yang signifikan dalam kerja sama maritim antara Indonesia dan Amerika Serikat.


"Dalam kurun waktu empat tahun sejak dimulainya konstruksi pusat pelatihan ini, diharapkan akan meningkatkan kapabilitas maritim Indonesia serta memperkuat peran Indonesia sebagai pemimpin dalam melawan kejahatan baik di tingkat domestik maupun transnasional," kata Michael.


Pelatihan ini turut menghadirkan fasilitator dari USCG dan bertujuan untuk mempersiapkan instruktur Bakamla RI dalam melatih para personel di masa depan. 


"Peningkatan keterampilan ini akan mengembangkan kemampuan Indonesia dalam menjamin keselamatan dan keamanan di perairan Nusantara," pungkasnya.(Egi)


Redaktur: ZB



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait