Pojok Opini & Puisi

Beruang Kutub dan Katub Kekuasaan

Maman | Jumat 01 Mar 2024 08:34 WIB | 373




"Ingat Immawan Bung Karno (Ir. Soekarno) Presiden pertama RI sebagai pendiri Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), selepas makan malam, bermusyawarah dengan Immawati Fatimah (Fatmawati) bahwa aku restui pendirian ikatan ini adalah kemewahan intelektual. Tanda tangan ku garis perjuangan rakyat."


Penulis: Rusdianto Samawa, Alumni Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Mataram


___________________________



Beruang kutub adalah salah satu binatang hewan pemakan daging yang huni Kutub Utara. Keberadaannya berkembang pada suhu ekstrem.


Katub kekuasaan adalah sala satu pemeran politik. Ibnu Batuta dalam risalah mengarungi seluruh benua dunia dalam perjalanan politik maritimnya hingga menemukan benua Amerika, menyebut Katub Kekuasaan itu adalah binatang bernafsu serakah.


Beruang kutub sangat sangar. Tatapan predator itu mampu menembus batas kabut salju. Mampu mengikuti keadaan pada suhu ekstrem. Kemampuan kamuflase bisa kelabui semua target.


Pilpres 2024 berlangsung seperti Beruang. Katub kekuasaan dimainkan berupa beras dan uang (Beruang). Segala cara ditempuh. Konstitusi sebagai markah (jalan arah) negara tak lagi dipedomani. Beruang itu kian mampu hilangkan jejak.


Pembajakan konstitusi dan pembegal Anggaran negara untuk aplikasi sirekap demi menangkan keluarga. Betul - betul ungkapan Ibnu Batuta dan Plato terjadi bahwa  Binatang Beruang yang tak kenal etika dan nilai moralitas benar - benar ada dalam sifat,.karakter dan tindakan.


Berburu suara menjadi Beruang untuk memenuhi hasrat kuasa. Sungguh menyakitkan hati rakyat. Beruang yang tidak milih-milih santapan apa saja: burung, ikan, anjing laut bahkan salju dianggap beras mahal.


Katub kekuasaan yang berada pada peralatan negara, kian marak digunakan, mulai kepala desa, aparat hingga penegak hukum. Gigi beruang yang tajam mampu menerkam mangsa. Beras dan uang menyilaukan mata, pikiran dan mainseat rakyat dalam memilih.


Konklusi dari pemilu 2024, rakyat dipimpin oleh Beruang berbulu tebal yang mengejar jabatan melupakan nilai penting dalam bernegara. Untuk menenangkan keadaan parlement treshold dikembalikan ke nol persen.


Ungkapan populer James Freeman Clarke (1810 – 1888) bahwa seorang politisi berpikir pemilu berikutnya. Negarawan berpikir generasi berikutnya. "A politician thinks of the next election. A stateman of the next generation”, 


Pemilu 2024 mencemaskan, tak akan ada harapan Indonesia emas. Karena yang memimpin itu manusia yang lahir dari beras dan uang (beruang).


Jejak beruang akan terus dipertahankan. Rakyat harus segera mencemaskan masa depan supaya muncul emosional gerakan yang menjadi titik awal revolusi jalan perubahan hidup dan masa depan.


Selamat Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) 1-3 Maret 2024. Tulisan ini oleh - oleh Palembang. Supaya kader IMM bisa menjaga harta kemewahan yakni idealisme. Komisaris bukan tujuan.


Ingat Immawan Bung Karno (Ir. Soekarno) Presiden pertama RI sebagai pendiri Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), selepas makan malam, bermusyawarah dengan Immawati Fatimah (Fatmawati) bahwa aku restui pendirian ikatan ini adalah kemewahan intelektual. Tanda tangan ku garis perjuangan rakyat.[]



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait