Batam, News, Kepri

Peringati HUT Ke 12, Marga Tan Kota Batam Gelar Donor Darah dan Bagi Vitamin

Egi | Senin 17 Jun 2024 15:30 WIB | 211

Ormas/LSM/Paguyuban/Komunitas


Suasana pelaksanaan donor darah Marga Tan (foto:ist)


Matakepri.com Batam – Perkumpulan Marga Tan Kota Batam melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa aksi donor darah di Atrium One Batam Mall pada, Minggu (16/6/2024).


Aksi donor darah ini berkolaborasi dengan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Batam dan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam dengan mengusung tema 'Setetes darah untuk kemanusiaan'.


Ketua Marga Tan Kota Batan, Acun Tan mengatakan bakti sosial berupa aksi donor darah kali ini dalam rangka menyambut HUT Marga Tan sekaligus memperingati Hari Donor Darah Sedunia atau World Blood Donor Day (WBDD) yang diperingati pada tanggal 14 Juni setiap tahunnya.


Dikatakannya, Hari Donor Darah Sedunia ini dirayakan khusus untuk menyebarkan kepedulian akan keamanan donasi darah. Peringatan Hari Donor Darah Sedunia ini juga sebagai perwujudan ungkapan rasa terima kasih kepada para pendonor yang secara sukarela mendonorkan darah dan menyelamatkan nyawa orang lain.


"Kita dari Marga Tan mengajak saudara-saudara kita dan seluruh masyarakat Batam untuk bersedia mendonorkan darahnya, mengingat persediaan stok darah di PMI Batam semakin hari semakin berkurang jumlahnya," ungkap Acun Tan disela-sela kegiatan donor darah.


Masih menurut Acun Tan, selain melaksanakan aksi donor darah pihaknya juga telah melaksanakan bakti sosial lainnya berupa pemberian vitamin kepada ratusan anak-anak yang mengalami kurang gizi.


"Sebelumnya kami juga sudah membagi-bagikan sebanyak 180 vitamin, yang khusus diberikan kepada anak-anak yang mengalami gizi kurang baik di daerah Tanjung Uma," sebutnya.


Selanjutnya, melalui kegiatan bakti sosial yang sudah dilaksanakan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berbagi dan peduli terhadap sesama.


Senada, Ketua panitia pelaksana, Tedy menambahkan dalam kegiatan aksi donor darah kali ini pihaknya menargetkan bisa mengumpulkan sebanyak 200 kantong darah.


Kemudian, bagi setiap pendonor yang sudah selesai mendonorkan darahnya, sebagai bentuk ungkapan terima kasih pihaknya juga memberikan suvenir berupa bantuan sembako yang terdiri dari beras 5 kilogram serta minyak goreng 1 liter.


"Nantinya, setiap pendonor akan mendapatkan bingkisan souvenir berupa beras dan minyak goreng," ujarnya.


Di Lokasi yang sama, Wakil Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Batam, Tan A Tie menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Perkumpulan Marga Tan Kota Batam yang dengan sukarela melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa aksi donor darah.


"Salut dan apresiasi untuk Perkumpulan Marga Tan Kota Batam yang memiliki kepedulian yang tinggi untuk membantu sesama umat manusia," ujar Tan A Tie usai kegiatan.


Menurutnya, pihaknya sering menerima laporan dari PMI Batam, adanya permintaan darah dari pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.


"Pernah malam-malam kami dihubungi ada pasien yang sedang membutuhkan transfusi darah. Dengan segala upaya dilakukan, kami berusaha memenuhi permintaan tersebut. Dan syukurnya, teman-teman yang ada di komunitas yang golongan darahnya cocok cepat tanggap dan bersedia mendonorkan darahnya," bebernya.


Maka dari itu, pihaknya menghimbau sekaligus meminta kepada pemerintah dan juga masyarakat Batam untuk rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali. 


"Karena kalau bukan kita siapa lagi. Setetes darah yang kita donorkan bisa menyelamatkan nyawa orang lain," pungkasnya, (Egi)


Redaktur: ZB



Share on Social Media