Batam

Pertajam Ilmu Agama, Subdis Bintal Lantamal IV Ingatkan Kembali Tatacara Shalat Jenazah

Juliadi | Kamis 27 Jun 2024 18:42 WIB | 170

AD/AL/AU


Praktek sholat Jenazah,


Matakepri.com, Batam -- Kusri agama di jajaran Lantamal IV merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada setiap hari Kamis yang diikuti oleh seluruh prajurit dan PNS yang berdinas di Mako Lantamal IV  pada 1 Maret 2023 lalu. 


Kegiatan kusri agama merupakan perintah Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Batam Laksmana Pertama (Laksma) TNI Tjatur, Soniarto., M.Tr.Opsla agar kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dengan materi yang berbeda setiap minggunya dengan tujuan agar ilmu agama yang diterima terus bertambah.


Kegiatan siraman rohani ini dilaksanakan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan dalam pelaksanaan kedinasan di TNI AL. 


Dalam ceramahnya di Masjid AS Salam, Letnan dua (Letda) Laut (KH) Bafadal, S.Th.I., M. Ag menyampaikan materi tentang praktek Salat Jenazah yang merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim. 


Lanjutnya, Shalat jenazah ini hukumnya fardhu kifayah atau kewajiban kolektif yang berarti kewajiban apabila ada salah satu seseorang di suatu tempat telah melaksanakan kewajiban sholat jenazah tersebut, maka sudah gugur kewajiban bagi yang lain.


Pelaksanaan kusri agama ini merupakan bagian dari instruksi Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI DR Muhammad Ali dalam Perintah Hariannya, prajurit TNI AL harus selalu memperkuat keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan pengabdian yang penuh dengan ketulusan serta rasa keikhlasan hati sebagai prajurit TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara di laut.


Redaktur : ZB



Share on Social Media