Batam

KASAL Resmikan KRI TUNA-876 dan Kukuhkan Komandan KRI TUNA-876

Juliadi | Kamis 07 Sep 2023 18:16 WIB | 508

AD/AL/AU
Pelantikan/Sertijab/Pengukuhan
Lantamal IV


Kasal, Laksmana TNI Muhammad Ali didampingi Pangkoarmada I dan Komandan Lantamal IV serta pimpinan PT KAS, Kamis (7/9/20


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksmana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla didampingi Ketua Umum jalasenastri, Fera Muhammad Ali; Pangkoarmada I, Laksmana Muda (Laksda) TNI Achmad Wibisono, S.E., CHRMP dan Komandan Lantamal IV Batam Laksmana Pertama (Laksma) TNI Tjatur Soniarto, CHRMP., M.Tr.Opsla, meresmikan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI)  TUNA-876 dengan jenis patroli cepat (CP) 60M dan mengukuhkan Mayor Laut (P) Muhammad Arif, S.T., M.T., M.Tr.Opsla sebagai Komandan KRI Tuna-876 bertempat di PT. Karimun Anugerah Sejati (KAS) Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, Kamis (7/9/2023). 


Kegiatan ini juga dihadiri perwira Markas besar TNI AL, Pejabat utama Koarmada I, Pejabat Utama Lantamal IV Batam, Perwakilan Kogabwilhan I, pengurus jalasenastri dan prajurit TNI AL serta pimpinan PT. KAS. 


Ketua Umum jalasenastri, Fera Muhammad Ali didampingi Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali memotong pita, Kamis (7/9/2023). Foto : Adi

Dalam sambutannya, Komisaris PT. KAS,Frengky Sucipto menyampaikan, bahwa kebanggaan bagi PT. KAS atas kepercayaan Pemerintah dan TNI AL untuk membangun alustsista kapal perang KRI TUNA-876.


"Dengan Komitmen yang kuat, kami dari PT KAS siap membangun alustsista di waktu yang akan datang dan pada hari ini KRI TUNA 876 dapat diselesaikan tepat waktu, tepat guna dan tepat mutu," ujarnya. 


"Kami dari PT. KAS secara resmi menyerahkan KRI TUNA 876," ucapnya. 


Sementara itu, Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) dari Kolonel Laut (P) Asep Muslim Sugiantoro, juga menyampaikan, pengerjaan KRI TUNA 876 menggunakan APBN tahun 2021, 2022 dan 2023 selama 22 bulan dimulai tanggal 21 Oktober 2021 dan berdasarkan surat perintah  KASAL  tanggal 17 Desember 2021, yang mana ditunjuk sebagai satuan pengawas dan mengawal hingg kapal selesai. 


Foto bersama, Kamis (7/9/2023). Foto : Adi

"Dapat kami laporkan, seluruh tahap pelaksanaan dengan aman dan lancar sesuai dengan prediksi teknis sesuai dengan kontrak dengan kecepatan maksimal 24 knot," ucap Kolonel Asep. 


Disela-sela kegiatan saat diwawancara awak media, KASAL Laksmana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, mengatakan, setelah peresmian KRI TUNA-876 dan pengukuhan Komandan KRI TUNA-876 ini, akan kunjungan ke KRI Marlin-877 di PT. Palindo Marine. 


"Jadi dengan pembangunan dua kapal ini, yang keseluruhannya sudah ada 6 kapal patroli cepat 60M diberbagai tempat di seluruh Indonesia. Akan menjadi komitmen AL untuk terus menghidupkan dan mengembangkan kapal - kapal produksi dalam negeri serta industri pertahanan Indonesia dan ini menjadi investasi dari industri pertahanan untuk terus memajukan produk dalam negeri bagi Alutsista," ungkap Laksmana TNI Muhammad Ali. 


Lanjut disampaikan KASAL, KRI TUNA-876 ini sudah di uji coba dan kecepatan nya sudah melebih yang dipersyaratkan serta persenjataannya akan segera dipasang dan sebagai langkah untuk mendukung dan turut serta dalam peningkatan program pemerintah yaitu peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) yang merupakan kebijakan dalam pemenuhan Alustista TNI AL. 


Untuk diketahui, KRI TUNA-876 jenis patroli cepat (CP) 60M karya anak bangsa yang dibuat di galangan PT KAS dengan spesifikasi pajang 62,40 meter, lebar 8,80 meter dan tinggi 19,37 meter ini memiliki kecepatan maksimal 24 knot serta kecepatan jelajah sejauh 17 knot. Kapal ini juga dipersenjatai dengan 1 unit meriam kaliber 40mm dan 2 unit meriam kaliber 12,7 dengan jumlah personil pengawak 50 orang. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media