Batam, News, Hukum & Kriminal, Kepri

Pelaku Penimbunan BBM Subsidi Bio Solar di Batam Ditangkap Polisi

Egi | Selasa 06 Sep 2022 11:09 WIB | 985

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
Pertamina
Hukum & Kriminal


Pelaku pelangsir BBM bersubsidi saat digiring Polisi (foto:Egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Subdit IV Ditreskrimsus Polda Kepri gagalkan aksi penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Bio Solar pada Kamis (1/9/2022) siang. 


Adapun lokasi penimbunan BBM jenis Bio Solar tersebut yaitu di Ruko Aji Business Center (ABC) Kecamatan Sagulung, Kota Batam. 


Wadireskrimsus Polda Kepri AKBP Nugroho Agus Setiawan mengatakan, kali ini modus yang dilakukan oleh pelaku yaitu dengan cara mengisi BBM secara normal dan memindahkannya ke mobil yang sudah dimodifikasi. 


"Untuk mengelabui petugas Pertamina, pelaku melaku pengisian BBM secara normal menggunakan kartu fuel card Brizzi yang telah digandakan dengan menempelkan stiker," kata Wadireskrimsus Polda Kepri saat press release di Mapolda Kepri pada Selasa (6/9/2022) pagi. 


Lanjutnya, dari penyidikan tim mendapatkan tiga unit mobil mini bus Nopol BP 7236 ZN telah berkali-kali melakukan pengisian BBM. Setelah itu tim membuntuti mobil tersebut dan setelah itu melakukan pemindahan ke mobil lain Nopol BP 1660 ZN yang sedang terparkir. 


"Dari pemeriksaan mobil tersebut telah melakukan pengisian BBM sebanyak 9 kali dalam satu hari. Padahal kartu Brizzi untuk 1 hari hanya bisa digunakan dan dilakukan pengisian sebanyak 30 liter," bebernya. 


Tim berhasil mengamankan tersangka bernama Tigor Hutapea (47) sebagai supir pelangsir, tiga unit mobil minibus, 9 struk pembelian solar, 630 liter solar, 12 kartu Brizzi, dan uang tunai Rp 3.050.000.


"Tersangka yang diamankan baru satu orang dan satu orang DPO masih dilakukan pengejaran. Terhadap tersangka dikenakan pasal 40 angka 9 UU No 11 tahun 2020 tentang cipta kerja atau pasal 55 UU No 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi dengan hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp 60 miliar," pungkasnya (Egi





Share on Social Media