Batam, News, Kepri

3 Bulan Uji Coba, Direktorat Jenderal Imigrasi Launching Multiple Entry Visa

Egi | Senin 28 Nov 2022 16:13 WIB | 481

Gubernur Kepri/Wakil Gubernur
Imigrasi


Pemukulan gong untuk luncurkan Visa Kunjungan Beberapa kali Perjalanan (foto:Egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Direktorat Jenderal Imigrasi luncurkan Visa Kunjungan Beberapa kali Perjalanan (VKBP) atau multiple entry visa yang di ujicoba di Kepri. 


Launching VKBP dilakukan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Imigrasi Widodo Ekatjahjana di Nongsa Point Marina Nongsa, Batam, pada Senin (28/11/2022) pagi. 


Plt Dirjen Imigrasi, Widodo Ekatjahjana mengatakan, Visa VKBP ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah melalui Imigrasi kepada para pebisnis global, dengan mudah keluar masuk Indonesia.


"Ini akan memberi dampak signifikan, terhadap  pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi covid-19 selama 2 tahun terakhir ini," ujar Widodo. 


Widodo menjelaskan, Visa VKBP ini untuk pelaku bisnis, dan diberi ruang untuk menetap di Kepri selama 1 tahun.


"Pelaku bisnis luar negeri ini hanya bisa menetap di Kepri, tidak diperbolehkan keluar dari wilayah Kepri," katanya.


Lanjut Widodo, hal ini dilakukan agar Kepri dapat kembali normal, terkait kunjungan wisatawan seperti sedia kala. 


"Ini merupakan bukti nyata kemudahan yang diberikan Pemerintah, melalui keimigrasian untuk para pelaku bisnis dan ini akan diujicoba selama 3 bulan," bebernya. 


Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad sangat antusias menyambut Visa Kunjungan Beberapa kali Perjalanan (VKBP), atau Multified Visa ini. 


"Hal ini memang kita tunggu, karena ini dampaknya sangat luar biasa kedepannya bagi perekonomian dan terutama untuk perkembangan pariwisata di Kepri," ujar Ansar.


Lanjut Ansar, Kepri sudah lama mengajukan ini, dan usulan ini ternyata dikabulkan pemerintah pusat dan Kepri menjadi daerah ujicoba Visa VKBP.


"Sekarang Kepri sebagai pilot project Multiple Entry Visa di Indonesia, melalui pintu masuk dan keluar di Propinsi Kepulauan Riau," pungkasnya. 


Dalam pelaksanaan launching Multiple Entry Visa juga dihadiri oleh CEO Citra Mas Group Kris Wiluan, Ketua Umum BPD PHRI Kepri Jimmi Ho, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Subki Miuldi dan tamu undangan lainnya (Egi) 



Share on Social Media