Batam, News, Kepri

Perkuat Alutsista Laut, TNI AL Launching 2 Kapal KAL 28 Buatan PT Citra Shipyard

Egi | Selasa 05 Dec 2023 17:06 WIB | 469

Pengusaha
TNI/Polri
Perusahaan
Shipping
Perkapalan
Lantamal IV


Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali launching KAL 28 ditandai dengan potong tali kapal (foto:egi)


Matakepri.co.id Batam - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) melaksanakan Shipnaming dan Launching dua Kapal KAL 28 meter, yaitu KAL Sembulungan dan KAL Hinako di galangan kapal PT Citra Shipyard, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (4/12/2023). 


Kedua kapal ini diberi nama Sembulungan dan Hinako, yang merupakan bagian integral dari pembangunan kekuatan TNI AL. Salah satunya perencanaan strategis yang siap menjaga keamanan dan melaksanakan penegakkan hukum di laut. 


"Nama Sembulungan diambil dari nama Pantai yang ada di Banyuwangi dan Nama Hinako merupakan salah satu pulau yang ada di Nias," kata Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, di galangan kapal Citra, Senin (4/12/2023)


Ali menjelaskan, kedua kapal ini memiliki panjang 28,98 meter dan lebar 6,20 meter draught 1,40 meter, kecepatan maksimum 28 Knots, kecepatan jelajah 18 Knots, kecepatan ekonomis 13,5 Knots, dan endurance 3-4 Hari.




Selain itu, memiliki kemampuan membawa 15 personel dan menggunaka mesin pokok dua unit MAN V12-1900 Marine Engine Diesel dan diesel generator 2x Perkins 6 KVA. 


"Kapal ini akan ditempatkan untuk memperkuat Lanal Banyuwangi Lantanal V Surabaya, dan Lanal Nias Lantamal II Padang," ungkapnya. 


Dia menambahkan, KAL 28 meter ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya diperkuat dengan satu unit meriam 20 mm dan dua unit meriam 12,7 mm, mampu beroperasi di berbagai medan dan cuaca dengan kecepatan 28 Knots. 




"Kelincahan yang dimiliki KAL 28 M ini mampu memenuh berbagai misi operasi baik infiltrasi, eksfiltrasi maupun misi SAR secara sangat baik," jelas Ali. 


Pembangunan KAL dilatarbelakangi luasnya wilayah perairan Indonesia, sehigga perlu diperkuat dengan unsur KRI di jajaran TNI AL. 


"Saat ini TNI AL juga sudah memiliki kapal jenis Angkut Tank, Bantu Rumah Sakit, dan Harbour Tug, sehingga dibutuhkan adanya kapal Patroli cepat seperti KAL 2 M ini," pungkasnya. 


Dalam sambutannya Direktur Utama PT. Citra Shipyard, Jovan mengucapkan terimakasih banyak kepada TNI AL yang telah memberikan kepercayaan kepada PT. Citra Shipyard untuk pembuatan Alat Utama Sistem Senjata TNI AL. 




"Pembangunan 2 unit Kapal KAL 28 dapat diselesaikan sesuai dengan waktu kontrak yang telah ditentukan yaitu selama 16 bulan," kata Jovan. 


Lanjutnya, proses pembangunan 2 unit kapal tersebut dimulai dari proses desain, pekerjaan konstruksi, pekerjaan permesinan dan pekerjaan finishing kapal murni dikerjakan seluruhnya oleh pekerja Indonesia. 


"Keberhasilan ini dapat dicapai atas kerjasama semua yang terlibat dalam pembangunan project 2 unit KAL 28," tuturnya. 


Jovan berharap, sinergitas dan kepercayaan yang telah diberikan oleh TNI AL kepada PT Citra Shipyard akan terus berlanjut dikemudian hari di dalam program alutsista TNI AL. (Egi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media