Batam, News, Pariwisata

Sempat Terhenti Pasca Covid-19, 28 Tim Hotel di Kepri Gelar Turnamen Futsal Championship 2024

Egi | Selasa 14 May 2024 11:25 WIB | 278

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Wisman
Pariwisata


Kadisbudpar Kota Batam Ardiwinata buka langsung Turnamen Futsal Championship 2024 (foto:Egi)


Matakepri.com Batam – Sebanyak 28 Tim Futsal yang berasal dari berbagai hotel berbintang di Kepulauan Riau mengikuti turnamen Futsal Championship 2024.


Tim futsal yang mengikuti turnamen ini tergabung didalam Asosiasi Manajemen Sumberdaya Insani Hotel (AMSIH), Hotel Human Resources Management Association (HHRMA), DPD Provinsi Kepulauan Riau.


Turnamen tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata yang ditandai dengan penendangan bola pertama. 


Turut mendampingi Kadisbudpar saat itu yakni, Ketua DPD IHGMA Kepri, Yeyen Heryawan dan Ketua AMSIH HHRMA DPD Kepulauan Riau, Sahabuddin.


Kegiatan itu dilaksanakan selama lebih kurang dua minggu lamanya, yang dilaksanakan di Lapangan Futsal Ikan Daun Batam Center, kota Batam dimulai sejak, 13 Mei 2024 sampai dengan 28 Mei 2024, dengan memperebutkan hadiah berjumlah Rp 10 juta.


Ketua AMSIH HHRMA DPD Kepulauan Riau, Sahabuddin mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan pihaknya. Dulu, kegiatan ini sempat terhenti dikarenakan adanya pandemi Virus Corona (Covid-19) yang melanda negara-negara hampir di seluruh dunia. 


"Kini, AMSIH - HHRMA DPD Kepri kembali menginisiasi even olahraga ini untuk insan pelaku pariwisata yang ada di Kepulauan Riau," ucap Budi Senin (13/5/2024) malam.


Budi mengatakan, selain melaksanakan kegiatan - kegiatan olahraga atau Sport Competition, pihaknya juga rutin melaksanakan berbagai kegiatan - kegiatan yang memperlombakan keahlian ataupun keterampilan di bidang perhotelan atau Skill Competition yang dimiliki oleh karyawan perhotelan dan juga Job Fair.


"Acara ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar perusahaan di industri pariwisata dan perhotelan di Kota Batam khususnya dan Kepri pada umumnya," sebutnya.


Senada, Ketua DPD IHGMA Kepri, Yeyen Heryawan sangat mengapresiasi dan mendukung terlaksananya Turnamen Futsal Championship AMSIH HHRMA DPD Kepulauan Riau tahun 2024 ini.


"Kami dari PHRI dan IHGMA sangat mendukung sekali dilaksanakannya turnamen olahraga futsal bagi pekerja hotel ini," ucap Yeyen usai kegiatan.


Dikatakannya, pasca pandemi Covid-19 melanda industri pariwisata di Kepulauan Riau perlahan tapi pasti sudah mulai bangkit. Dan, melalui even olahraga ini dapat meningkatkan semangat dan motivasi dari para pekerja hotel untuk bekerja lebih baik lagi dimasa yang akan datang.


"Saya berpesan tetap junjung tinggi sportivitas dalam bertanding. Jalin silaturahmi dan hubungan yang baik antar sesama pekerja hotel agar terciptanya kondusivitas keamanan dan kenyamanan di kota Batam terjaga dengan baik," pesannya.


Dilokasi yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan salut kepada AMSIH - HHRMA DPD Kepri, yang kembali melaksanakan even olahraga bagi pelaku pariwisata di kota Batam pasca pandemi Covid-19.


"Salut dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada AMSIH - HHRMA DPD Kepri, yang kembali melaksanakan even olahraga di Batam," ujar Ardiwinata usai kegiatan.


Ardiwinata atau yang akrab dipanggil Bang Ardi menjelaskan, para pekerja hotel ini merupakan pahlawan pariwisata. Hal itu dikarenakan sebanyak 24 persen Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Batam ini dipersembahkan oleh sektor pariwisata.


"Para pekerja hotel ini merupakan pahlawan pariwisata. Dan, mewakili Pemerintah Kota Batam, saya ingin mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh pelaku pariwisata yang ada di kota Batam," sebutnya.


Bang Ardi mengatakan, dengan adanya turnamen futsal seperti ini dapat meningkatkan silaturahmi antar sesama pekerja hotel yang ada di kota Batam. Dengan demikian, hubungan yang harmonis antar seluruh hotel - hotel yang ada di Batam akan dapat tercipta dengan baik, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke kota Batam.


Masih menurut Bang Ardi, pariwisata itu ada tiga. Pertama, pembangunan akses. Menurutnya, Pemerintah Kota Batam melalui Wali Kota Batam, H Muhammad Rudi, telah berkomitmen menjadikan Batam sebagai kota pariwisata. Hal itu dibuktikan dengan dilakukannya pelebaran diseluruh jalan-jalan di kota Batam.


Kemudian, yang Kedua yakni Amenity. Amenity merupakan fasilitas -fasilitas pendukung sektor pariwisata seperti hotel, restoran, tempat hiburan, pihak kepolisian yang memberikan rasa aman serta rumah sakit - rumah sakit yang siap memberikan pelayanan terbaik jika terjadi kecelakaan terhadap wisatawan yang datang berkunjung ke Batam.


Dan, yang Ketiga ialah Atraksi. Menurut Bang Ardi, atraksi itu dibagi kembali menjadi tiga bagian yakni, atraksi alam, atraksi budaya dan atraksi buatan yang salah satunya turnamen futsal seperti yang dilakukan oleh AMSIH HHRMA DPD Kepulauan Riau ini.


"Untuk AMSIH HHRMA DPD Kepulauan Riau salut dan luar biasa. Tingkatkan terus semangat kerja para pelaku pariwisata ini dengan kegiatan - kegiatan positif. Dan, terus tingkatkan juga skill dan kemampuan para pekerjanya dengan terus mengikuti pelatihan - pelatihan dan kompetensi lainnya," pungkasnya.(Egi)


Redaktur: ZB



Share on Social Media