Batam

Antisipasi Pencurian, Polsek Lubuk Baja Harap Masyarakat Kembali Adakan Siskamling

Juliadi | Jumat 31 May 2024 14:58 WIB | 241

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri
Jumat Curhat/Minggu Kasih


Personil Polsek Lubuk Baja bersama masyarakat, Jumat (31/5/2024). Foto : Adi


Matakepri.com, Batam -- Dalam rangka Program Qiwick Wins Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo untuk lebih dekat dengan masyarakat dengan mendengarkan secara langsung keluhan yang dirasakan oleh masyarakat setiap minggu, Kepolisian Sektor (Polsek) Lubuk Baja melaksanakan Jumat Curhat Kamtibmas, bertempat di Samboo Kopi Komplek Paradise Center Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (31/5/2024). 


Dalam sambutannya Kapolsek Lubuk baja Kompol Yudi Arvian, S.H, S.I.K menyampaikan, bahwa kegiatan  jumat curhat ini merupakan perintah langsung Kapolri kepada seluruh jajaran kepolisian.


"Jumat Curhat ini merupakan perintah dari bapak Kapolri dengan tujuan untuk mengetahui sitkamtibmas serta bisa menampung atau mendengarkan keluhan secara langsung terhadap persoalan yang ada di masyarakat sehingga bisa menjadi acuan untuk meningkatkan pelayanan kepolisian dengan baik sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dalam menjalankan tugasnya, serta mengajak masyarakat untuk bersama sama menciptakan dan menjaga sitkamtimas yang aman dan kondusif," ungkap Kompol Yudi. 


Lebih lanjut Kompol Yudi menyampaikan, sesuai intruksi Kapolda Irjen Pol Drs. Yan Fitri Helimansyah, M.H kepada jajaran baik Polres hingga tingkat Polsek dengan selogan "Kepri adalah Kita" merupakan wujud kecintaan serta rasa memiliki Kepri sebagai tempat semua bernaung serta mencari nafkah.


"Mari sama-sama kita menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif dan aman yang bisa terwujud dari peran dari kita semua, juga merupakan kegiatan sinegitas TNI dan Polri maupun kepada seluruh instasi dan masyrakat khususnya Kecamatan Lubuk Baja," ucapnya. 


Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, agar dapat memperoleh informasi, masukan dan solusi sehingga situasi kamtibmas di Kecamatan Lubuk Baja tetap dalam keadaan kondusif


"Saya berharap komunikasi kita tetap berjalan kami berharap dengan komunikasi dari tokoh masayarkat, agama terus berjalan dan saat ini sudah masuk tahun politik banyak oknum oknum yang ingin mengganggu situasi kamtibmas saya berharap bapak - bapak bisa membantu kami untuk menjaga kamtibmas," tegas Kompol Yudi. 


Sementara itu, salah satu warga, Reno menyampaikan, saat ini situasi dalam keadaan aman dan kondusi berkat sinergitas Bhabinkamtibmas dan Babinsa.


"Saat ini banyak keluhan ditempat kami adanya pemulung dan becak yang masuk dilingkungan yang sering mengganggu situasi keamanan lingkungan kami," ucapnya. 


Ketua LPM Kelurahan Baloi Indah, Nikson juga mengatakan, maraknya kenalpot brong dilingkungan Baloi Indah, sehingga membuat resah.


"Kadang kami takut akan membuat kericuan di tengah masyarakat," ujarnya. 



Menanggapi hal tersebut, Kompol Yudi mengatakan, jika ada kejadi pencurian baik itu dari pemulung boleh segera laporkan melalui Bhabinkatibmas sehingga bisa segera di amankan atau warga amankan terlebih dahulu dan proses hukum tidak ada biaya.


"Terkait dengan kenalpot brong kami sudah melakukan tindakan cipta kondisi dan sudah melakukan tindakan, kembali lagi kami berharap peran serta perangkat RT, RW dan tokoh masyarakat  untuk ikut terlibat memberikan hibawan kepada masyarakat," tegasnya. 


Lanjut katanya, Polsek Lubuk Baja sudah melaksanakan pencegahan dengan giat Patroli walupun dengan keterbatasan personil dalam menjalankan dengan semaksimal mungkin dan berharap masyakarat juga melakukan upaya pencegahan dengan cara mengkunci ganda kendaraannya, serta untuk menghidupkan kembali kegiatan siskamling guna mencegah maraknya tindak pidana curanmor dan tindak pidana lainnya.


“Kami dari Polsek Lubuk Baja berharap jika ada sesuatu hal yang menyangkut tentang keamanan jangan segan untuk melaporkan kepada kami atau melalui Babinkamtibmas dan bisa juga melalui Polisi RW dan kami juga akan tetap meningkatkan piket Patroli untuk melaksanakan mobiling pada jam - jam rawan,” pungkasnya. (Adi) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media