Nasional

Bekerjasama Dengan BI Papua, Lantamal X Laksanakan Serbuan Vaksin Semakin Gencar

Juliadi | Rabu 01 Sep 2021 21:38 WIB | 943

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, PAPUA -- Makin gencar dan masif laksanakan Serbuan Vaksin Covid 19 untuk masyarakat Papua, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) X bersama Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua bangun kerjasama kegiatan Vaksinasi Covid-19 serta pembagian Sembako di Kampung Enggros, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Rabu (1/9/2021).


Turut hadir dalam kegiatan  tersebut, Komandan Lantamal (Danlantamal) X Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung, Kepala BI Perwakilan Papua, Naek Tigor Sinaga, Asops Danlantamal X, Kolonel Laut (P) I Nyoman Surya,  Aspotmar Danlatamal X, Letkol Laut (KH) Suharsono SH,  Kadiskes Lantamal X Mayor Laut (K) drg. Agus Pudianto, Sp. Pros, Asisten 1 Kota Jayapura Evert N. Merauje, Kepala Kampung Enggros Hanasey, Ondoafi Enggros, serta Ketua dan Wakil Ketua Korcab X DJA III beserta Pengurus Korcab X DJA III.


"Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat yang Tuhan Yang Maha Esa, karena pada pagi hari yang berbahagia ini kita bisa hadir di Kampung Enggros dalam rangka Serbuan Vaksin Covid-19 yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut Lantamal bekerjasama dengan Bank Indonesia Provinsi Papua," ujar Feryanto.


Lanjut dikatakan Feryanto, kegiatan ini sangat penting karena kegiatan ini merupakan program dari pemerintah yang di inplementasikan oleh Lantamal X dan perwakilan Bank Indonesia provinsi Papua.


"Dikarenakan hal ini sesuai dengan program dari masing-masing instansi yang dipilih namun satu tujuan yang sama yaitu percepatan pengurangan Covid-19, khususnya yang berada di Papua dan hal tersebut sesuai dengan harapan Pemerintah Daerah Kota Jayapura," Lanjut Danlantamal X.


"TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal X telah melaksanakan program Penanganan Covid-19 terhitung mulai bulan Maret tahun 2021, sementara untuk pemberian vaksin itu sendiri sudah kita laksanakan sejak tanggal 26 juni 2021 sampai dengan hari ini jadi apabila kita hitung berapa hari pertama Lantamal X melaksanakan vaksin Sampai dengan saat ini lebih kurang 2 bulan 8 hari," terangnya.


"Perlu kami informasikan bahwa selama 2 bulan 8 hari tersebut vaksinator Lantamal X terus bekerja termasuk juga ketika hari Sabtu Minggu ketika yang lain istirahat atau weekend atau beribadah kita terus melaksanakan serbuan vaksin dan sampai dengan hari ini masyarakat di sekitar Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura," tambahnya lagi.


"Sampai dengan hari ini lebih kurang 16.000 orang yang sudah kita vaksin dosis pertama yang terhitung lebih kurang 45% dan sudah masuk di dosis yang kedua termasuk juga di kampung enggros ini masyarakat yang ada di sini sudah masuk di Vaksin yang kedua lebih kurang 20 hari yang lalu kita sudah melaksanakan vaksin di tempat ini," ucap Jenderal Bintang Satu ini.


Pada kesempatan yang berbahagia ini kegiatan serbuan vaksin di kampung enggros ini kami laksanakan merupakan kerjasama antara Lantamal X dengan perwakilan Bank Indonesia provinsi Papua, kita memiliki tujuan yang sama tentunya kita ingin agar masyarakat yang ada di kampung enggros ini semuanya sehat kemudian bersama-sama kita bisa memutus rantai penyebaran Covid-19.


"Saya pada acara serbuan vaksin covid 19 ini bekerja sama dengan Perwakilan Bank Indonesia provinsi Papua di Kampung Enggros Jayapura," terangnya.


Sebelum mengakhiri sambutannya Komandan menyampaikan Ucapan Terima kasih kepada Kepal BI Papua dan Masyarakat Kampung Enggros.


"Saya selaku Komandan Lantamal X beserta seluruh jajaran mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Naek Tigor Sinaga selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua dan seluruh Masyarakat Kampung Enggros," jelas Orang nomor satu di Lantamal X ini.


Pada kesempatan yang sama, Kepala BI Provinsi Papua, Bapak Naek Tigor Sinaga, menjelaskan bahwa BI Papua bersama-sama untuk melakukan kegiatan Serbuan vaksin yang dilakukan oleh Tim Vaksinator Lantamal X dan merupakan suatu bentuk kolaborasi antara Bank Indonesia dengan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal X.


"Ini bermula dari pembicaraan secara informal, antara saya dengan Komandan Lantamal X dimana kita memang selama ini secara institusi Bank Indonesia dengan TNI Angkatan Laut telah banyak menjalin kerjasama dan salah satu diantaranya adalah bagaimana dukungan dari TNI Angkatan Laut kepada Bank Indonesia dalam rangka pengedaran uang ke pulau-pulau terluar yang kita ketahui sudah hampir satu dekade Bank Indonesia bekerjasama dengan Markas Besar TNI AL," Lanjut laki-laki berdarah Batak ini.


"Kita ketahui bersama, bagaimana pandemi Covid-19 ini sudah hampir satu setengah tahun melanda, bukan hanya di  Indonesia tapi dunia dan itu mengakibatkan bagaimana kehidupan kita menjadi relatif sangat terbatas dan menimbulkan kesusahan yaitu bagaimana perekonomian kita ini mengalami kemunduran kita ketahui bahwa perekonomian Indonesia itu mengalami pertumbuhan yang negatif pada tahun 2020 yang lalu artinya ekonomi yang tadinya berjalan seperti biasanya ini mengalami kemunduran itu namanya pertumbuhan ekonomi negatif, bahwa negara-negara itu bisa tumbuh perekonomian karena suatu negara atau ekonomi rumah tangga kita bisa tumbuh sekiranya aktivitas itu bisa berjalan secara normal." Kata Kepala BI Papua.


"Kita mengatakan, bagi negara-negara yang sudah melakukan vaksinasi nya diatas 60% sampai 70% itu pertumbuhan ekonominya bisa melonjak menjadi sekitar 6% sampai dengan 8% dan kita ketahui bahwa program vaksinasi ini merupakan suatu keharusan bagi kita untuk kita bisa normal kembali pungkasnya." Lanjutnya.


Ditempat yang sama Walikota Jayapura yang diwakili Asisten I  Evert N. Merauje menyampaikan Walikota Jayapura mendukung penuh kegiatan Vaksinasi yang di lakukan oleh Lantamal X dan Bank Indonesia dalam rangka kegiatan Vaksinasi serta pemberian paket sembako kepada masyarakat kampung Enggros yang untuk dapat mengurangi beban ekonomi di masa Pandemi ini.


Selain kegiatan Serbuan Vaksin Covid-19 juga dilaksanakan penyerahan Bantuan Sosial dari Bank Indonesia Perwakilan Papua kepada Perwakilan Satgas Covid-19 Lantamal X yang di terima langsung oleh Komandan Lantamal X. Selain itu, dilaksanakan pula penyerahan Bantuan Sembako dari Lantamal X kepada perwakilan Masyarakat Kampung Enggros. (Ril) 



Share on Social Media