Bintan

Tim Disopslatal Laksanakan Sosialisasi Pembinaan Kemampuan Operasi dan Kamla Tahun 2022

Juliadi | Rabu 09 Mar 2022 21:33 WIB | 1736

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, BINTAN -- Kepala Dinas Operasi dan Latihan (Kadisopslatal) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Eko Wahjono, S.E, laksanakan sosialisasi pembinaan kemampuan operasi dan Keamanan Laut (Kamla) di wilayah kerja Komando Armada (Koarmada) I di Gedung Serba Guna (GSG) Fasharkan Mentigi Tanjung Uban, Rabu (9/3/2022).


Kadisopslatal dalam sambutannya mengatakan, sebagai Negara yang memiliki wilayah laut yang sangat luas maka berpeluang memiliki banyak permasalahan di laut seperti Illegal Fishing, Penyelundupan Barang dan Narkoba, Human Trafficking, Boat People, Terorisme dan Pembajakan di Laut. 


"Sehingga untuk menjaga wilayah laut yang sangat luas tersebut diperlukan peranan Unsur-unsur KRI dan Pangkalan TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan fungsi keamanan Laut," ujarnya.


Lebih jauh dikatakan, dengan dilaksanakannya sosialisasi ini  para peserta mendapatkan tambahan pengetahuan baik dari aspek intelijen maupun aspek hukum serta batas wilayah dilihat dari cara kerja  pemetaan wilayah laut. 


"Sehingga  para Komandan Satuan dan Komandan KRI memahami setiap tugas dan fungsi jabatan yang di emban dan tidak ragu dalam mengambil keputusan dalam setiap pelaksanaan tugas penegakan hukum di wilayah yurisdiksi Nasional Indonesia," Pungkasnya.


Kadisopslatal menyampaikan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yaitu, tingkatkan hasil capaian operasi keamanan laut di masa yang akan datang dengan melaksanakan operasi dan tetap memperhatikan Prokes Covid-19 dan Perkuat sinergi staf Intelijen dan Operasi Agar Optimal. 


Para Komandan di Lapangan (Dan Pangkalan , Dan KRI/KAL, dan Dan Denintel) agar tidak Ragu dan takut mengambil keputusan yang bersifat strategis, hindari sifat pasif dan cenderung safety player dan jangan hanya berpikir pangkat serta jabatan. 


Para perwira harus mampu mengukir prestasi, jangan jadi penonton dan bersaing untuk menunjukkan kinerja terbaik, laksanakan evaluasi kinerja secara periodik dan bekerja dengan baik serta raih prestasi dalam bidang apapun.


Sosialisasi  ini dilaksanakan secara tatap muka dan virtual yang diikuti oleh para Komandan Satuan, Asintel Danlantamal, Kadiskum Lantamal dan Para Komandan Lanal jajaran Koarmada I. Demi mencegah penularan covid-19, kegiatan ini tetap melaksanakan prokes yang ketat. (*)



Share on Social Media