Tanjungpinang

Lantamal IV Skenariokan Pantai Gasing Pulau Dompak Diserang Kekuatan Militer Musuh

Juliadi | Minggu 12 Jun 2022 10:16 WIB | 849

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG -- Diskenariokan dalam latihan, Pasukan Militer musuh berhasil menerobos dari Perairan Bintan menuju Pantai Gasing pulau dompak UU kekuatan 1 Kompi Infanteri, 1 Baterai Artileri medan (Armed) diikuti unsur Bantuan administrasi (Banmin) yang diangkut 2 LST kelas Laotieshan dalam kawalan 1 SQ Mig 29 milik musuh.


Danlantamal IV Laksamana Pertama Kemas M. Ikhwan Madani, S.Sos., M.Si diwakili Wadan Lantamal IV Kolonel Marinir Andi Rahmat M mengatakan "Latihan ini secara rutin pertriwulan, untuk meningkatkan profesionalisme personel dalam melaksanakan tugas dan fungsinya pokoknya," Ujar Wadan 


Dalam latihan di simulasikan pada saat militer musuh memasuki daerah pendaratan Pantai Gasing, langsung dihalau dengan kekuatan 1 Komando Tugas Operasi Gabungaan Pertahanan Pantai  yang terdiri dari 1 Kompi Personel Lantamal IV, 1 Kompi Infanteri Batalyon marinir pertahanan pangkalan (Yonmarhanlan) IV, 1 Baterai Artileri pertahanan udara (Arhanud) dan 1 Kompi Markas Yonmarhanlan IV.


Wadan menjelaskan, selain menghalau musuh yang datang dari laut, para personel juga memasang barikade dan ranjau di kawasan pantai. 


"Ini tugas Bataliyon Marinir Pertahanan untuk melaksanakan operasi pertahanan pantai," kata Wadan usai latihan.


Disimulasikan dalam latihan terdapat dua pucuk meriam pertahanan pantai melaksanakan penembakan jauh, diikuti dengan Seksi Senjata Mesin Berat (SMB) melaksanakan penembakan terhadap sekoci pendarat musuh, Seksi GPMG melaksanakan tembakan secara terus menerus (Barage). Sedangkan Pasukan Infanteri Marinir melaksanakan penembakan  untuk memukul mundur pasukan musuh di Baris Depan Daerah Tempur (BDDT).


Latihan berakhir dengan Satgas pertahanan pantai berhasil memukul mundur pasukan musuh dari pantai pendaratan dengan melaksanakan tembakan pengejaran ke arah musuh secara terus menerus oleh seksi SMB dan GPMG diikuti dengan pengejaran oleh dua pucuk meriam pertahanan pantai.



Share on Social Media