Batam

Jaga Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Jajaran Polsek Sekupang Rutin Patroli Dialogis

Juliadi | Rabu 13 Sep 2023 20:42 WIB | 314

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
TNI/Polri


Para Bhabinkamtibmas Polsek Sekupang Polresta Barelang melaksanakan patroli dialogis di wilayah hukum Polsek Sekupang, R


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Untuk mewaspadai tindak kejahatan dan gangguan kamtibmas lainnya di wilayah Sekupang, Bhabinkamtibmas Polsek Sekupang menyambangi dan memberikan himbauan kepada masyarakat terkait Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polsek Sekupang, Rabu (13/9/2023). 


Bhabinkamtibmas Tiban Indah

Bhabinkamtibmas Kelurahan Tiban Indah, Ajun Inspektur polisi dua (Aipda) Nanda melaksanakan kegiatan rutin kepolisian yang ditingkatkan, salah satunya adalah sambang ke pusat keramaian masyarakat khususnya Toko Emas di Tiban center Kecamatan Sekupang Kota Batam. 


Selain menyasar toko perhiasan (emas), Aipda Nanda juga menyasar objek vital seperti kantor perbankan, sekolah, tempat ibadah, gerai gerai ATM, serta pusat keramaian masyarakat lainnya seperti pasar tradisional.


Dikatakan Nanda, kegiatan sambang ini dilakukan untuk mengantisipasi aksi kejahatan konvensional seperti pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) atau Kejahatan C3 di wilayah Sekupang.


Dalam melaksanakan kegiatan patroli dialogis Aipda Nanda juga melakukan pengamatan situasi disekitar kawasan pertokoan mulai dari area parkir kendaraan, orang-orang yang ada disekitar pertokoan dan kendaraan yang ada disekitar pertokoan untuk memastikan situasi keamanan. 


Sambung dikatakannya, setelah dipastikan aman selanjutnya masuk ke dalam pertokoan untuk melakukan dialogis dengan karyawan toko dan para pengunjung toko sekaligus menyampaikan himbauan Kamtibmas kepada agar lebih waspada terhadap kemungkinan terjadinya tindak kejahatan dilingkungan sekitarnya.


“Kami menghimbau kepada para pengunjung dan penjaga toko Indomaret agar selalu berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan terjadinya tindak kejahatan di sekitarnya, kurangi aktivitas diluar rumah yang tidak perlu serta sampaikan informasi penting terkait dengan situasi Kamtibmas agar bisa segera ditindakanjuti, sekecil apapun informasi sangat berharga guna melakukan upaya pencegahan,” ungkapnya.


Bhabinkamtibmas Tanjung Riau

Dalam rangka Harkamtibmas Bhabinkamtibmas Tanjung Riau Polsek Sekupang, Aipda Andi Wahyudi melakukan sambang di kawasan Pasar Tradisional Victory Tanjung Riau. 


Bhabinkamtibmas Tiban Lama 

Bhabinkamtibmas Kelurahan Tiban Lama Polsek Sekupang Aipda Boy Panggabean menyambangi bengkel mobil di Pertokoan Tiban Kampung Kecamatan Sekupang Kota Batam. 


Selain melaksanakan sambang, Aipda Boy juga memberikan himbauan kepada warga agar selalu menjaga ketertiban dan keamanan di Wilayah Sekupang.


“Tempat yang aman, akan berdampak baik bagi kamtibmas yang ada di wilayah. Untuk itu saya menghimbau kepada warga, agar senantiasa menciptakan suasana yang aman, nyaman dan kondusif, serta jauh dari adanya tindakan kejahatan. saya juga menghimbau untuk memasang kunci pengamanan atau kunci ganda yang nantinya bapak sampaikan kepada pelanggan dari bengkel ini," ungkap Aipda Boy.


Aipda Boy juga menghimbau pemilik bengkel untuk mengantisipasi curanmor, serta tidak menjual knalpot racing sebab dengan memasang knalpot racing sangat mengganggu warga sekitar serta mengundang masyarakat utamanya kalangan remaja untuk melakukan balapan liar.


“Tidak membeli atau menerima titipan spare part hasil curian dan kalau ada temuan kendaraan yang diperbaiki dibengkel dicurigai hasil kejahatan agar diinformasikan ke Polsek Sekupang,” pesannya. 


Terpisah saat dikonfirmasi, Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H, S.I.K., M.H melalui Kapolsek Sekupang Kompol Z.A. Christopher Tamba, S.H menyebutkan, sambang dan himbauan di seluruh objek vital di wilayah hukum Polsek Sekupang sudah rutin dilakukan baik pagi, siang, maupun malam hari.


Kompol Tamba juga menyampaikan, para Bhabinkamtibmas juga memberikan himbauan kamtibmas kepada pemilik, karyawan dan petugas keamanan toko emas yang berada di pertokoan Pasar Tiban center Kelurahan Tiban Indah Kecamatan Sekupang agar selalu waspada guna mengantisipasi terjadinya tindak kriminal.


”Kami imbau mereka agar hati hati dan waspada, pastikan kamera CCTV yang terpasang dalam kondisi aktif dan jika terjadi sesuatu segera mungkin menghubungi kantor polisi setempat,” lanjutnya.


Tak lupa, petugas kepolisian mengimbau, warga agar waspada terhadap peredaran uang palsu, terutama saat bertransaksi di pasar, para pedagang pada umumnya belum mempunyai alat pendeteksi keaslian uang.


Kegiatan sambang rutin oleh Bhabinkamtibmas Polsek Sekupang dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya para pedagang maupun pengunjung di kawasan pasar, untuk mencegah terjadinya tindak pidana, sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat


Lebih lanjut disampaikan oleh Kompol Tamba, bahwa disamping untuk mencegah gangguan Kamtibmas kami dari Polsek Sekupang juga tetap melakukan langkah-langkah pengawasan pengunjung yang sedang berbelanja agar bisa nyaman dalam berbelanja.


“Kami tetap mengimbau masyarakat untuk tidak menggunakan perhiasan yang mencolok saat berada di keramaian dan apabila memarkirkan kendaraan di tempat yang seharusnya serta menggunakan kunci ganda,” pungkas Kompol Tamba. (Adi) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media