Batam

Kasal Resmikan KRI PC dan Kukuhkan Komandan KRI Marlin-877 Serta Komandan Patkamla Jefman

Juliadi | Rabu 20 Dec 2023 16:29 WIB | 393

AD/AL/AU
TNI/Polri
Pelantikan/Sertijab/Pengukuhan


Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla didampingi Pju Mabesal, Rabu (20/12/2023)


MATAKEPRI.COM, BATAM -- Kepala staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla meresmikan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Patroli Cepat (PC) 60, KRI Marlin – 877 dan Special Mission Combat Boat yakin KRI Patkamla Jefman serta pengukuhan Komandan KRI Marlin-877, Mayor Laut (P) Nugroho Adyanto Wicaksono, M.Tr.Opsla dan Komandan Patkamla Jefman, Serda Nav Larudi, bertempat di Dermaga Utara Pelabuhan Batu Ampar, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau.


Disela-sela kegiatan, Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla mengatakan, KRI Marlin-877 ini diproduksi oleh PT Palindo Marine Batam ini panjang 60 meter dengan  standarnya 24 bisa juga mencapai kecepatan 28 knots, sedangkan untuk Patkamla bisa mencapai 47 knots. 


"Untuk KRI Marlin-877 akan ditempatkan di Koarmada II tempatnya di Lantamal VI Makassar, untuk Special Mission Combat Boat akan ditempatkan di armada III di Lantamal XIV Sorong," ungkap Laksamana TNI Muhammad Ali, Rabu (20/12/2023). 


Foto : Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla berfoto jajaran TNI AL, Rabu (20/12/2023) 

Lanjut kata Kasal, anggarannya Rp. 220 Milyar dan dengan anggaran rutin akan dibangun 2 atau 3 kapal lagi serta Patkamla dibuat di dalam negeri sesuai perintah Presiden untuk mengembangkan industri pertahanan dalam negeri dan industri perkapalan yang dibuat di Batam dan sebagian di luar Batam. 


"Kita ingin industri di dalam negeri berkembang," ucap Kasal. 


Menurutnya, di Armada III masih butuh kapal-kapal  TNI AL yang banyak, karena saat beroperasi, Armada III masih meminjam kapal di Armada II. (Adi) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media