Batam, Hukum & Kriminal

Lesing Datangi Debitur, YALPK Minta OJK Tindak Finance Nakal

Juliadi | Selasa 26 Dec 2023 12:33 WIB | 475

Hukum & Kriminal



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Penarikan paksa kendaraan salah satu konsumen kini terjadi lagi, kali ini dialami salah satu konsumen finance NSC inisial K didatangi kolektor NSC yang akan menarik paksa mobilnya pada Sabtu (23/12/2023) sekitar pukul 22.20 WIB.


Saat dikonfirmasi, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Yayasan Advokasi Lembaga Perlindungan Konsumen (YALPK) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Paridah Sembiring mengatakan, tindakan fainance yang mendatangi debitur ke lokasi Parkir dum trec tadi malam, bukanlah tindakan yang tepat. 


"Setelah orang bengkel menghubungi debitur pada pukul 21.30 WIB bahwa adanya orang daru NSC yang akan menarik unit, debitur pun langsung menghubungi kami," ungkap Paridah, Selasa (26/12/2023). 


Setelah dihubungi debitur, kata Paridah, YALPK langsung ke TKP Waterboom dan bertemu dengan Perwakilan NSC yang ternyata bukan datang sendiri, melainkan ada pihak-pihak lain dan perdebatan pun terjadi, saat pihak NSC ingin merampas HP dari YALPK karena YALPK  ingin ambil dokumentasi.


"Kami kecewa terhadap NSC yang sudah 3 kali ingin menarik paksa unit Dum trec tanpa konfirmasi, mau pun datang ke rumah Debitur dulu," ucap Paridah. 


Paridah berharap pihak kepolisian supaya hal ini ditindak lanjuti mengingat sudah yang ke tiga kali dan sepanjang dari 2016-2023 dan kali ini yang paling parah.


Paridah juga meminta kepada OJK supaya bertindak tegas kepada fainance yang menyalahi aturan dan nakal. (Adi) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media