News

Telkomsel Siap Hadapi NARU 2017

Maman | Jumat 29 Dec 2017 17:35 WIB | 1362




MATAKEPRI.COM, Pekanbaru -Telkomsel melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh wilayah Regional Sumbagteng. Hal itu dilakukan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam berkomunikasi dan menggunakan layanannya, khususnya di periode Natal 2017 dan Tahun Baru (NARU) 2018.

Diprediksi menjelang dan pada hari besar dan hari libur itu akan mengalami lonjakan trafik. Telkomsel melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh wilayah Regional Sumbagteng.

Menghadapi lonjakan tarif tersebut, Telkomsel telah mempersiapkan jaringan sejak memasuki semester kedua tahun 2017 dengan penambahan BTS maupun penguatan kapasitas layanan  di beberapa daerah yang diprediksi akan mengalami lonjakan. 

Demikian dikatakan GM Regional Manager Sales Regional Sumbagteng Ihsan dan GM ICT Regional Sumbagteng, Noviandri dalam konferensi pers yang di Kantor Telkomsel, Pekanbaru, Senin (18/12/2017). 

“Komunikasi pelanggan pada Natal dan Tahun Baru yang juga dibarengi masa liburan biasanya selalu meningkat. Biasanya pelanggan bertukar informasi menggunakan layanan suara, SMS bahkan saat ini cenderung menggunakan layanan data. Untuk itu Telkomsel telah siap meningkatkan layanan dan jaringan guna memberikan kualitas terbaik komunikasi pelanggan dimasa tersebut,” kata GM ICT Region Sumbagteng Noviandri. 

Lebih lanjut Noviandri mengatakan, pada saat NARU penambahan yang paling tinggi terjadi pada jaringan 4G yang tersebar di pusat pemerintahan termasuk disejumlah destinasi wisata. 

Kemampuan jaringan telah diuji secara berkala dan Telkomsel telah melakukan test drive secara merata di pusat kota hingga pelosok yang biasanya menjadi sentra tujuan mudik maupun wisata, khususnya dalam mengantisipasi Natal dan Tahun Baru yang menunjukan kestabilan. 

Prediksi tahun ini, lonjakan penggunaan layanan Telkomsel di Regional Sumbagteng pada H-1 natal 2017 dan tahun baru 2018 diperkirakan akan didominasi oleh lonjakan layanan data yang akan diprediksi meningkat hingga 30%, sedangan voice dan SMS cenderung lebih stabil dikisaran angka 4%.

Saat ini banyak pelanggan memanfaatkan layanan data untuk berbagai aktivitas komunikasinya seiring dengan tingginya penggunaan media sosial. Maka, dengan penguatan jaringan yang telah dilakukan oleh Telkomsel, pelanggan bisa berbagi status ucapan Natal dan Tahun Baru ataupun video aktifitas dengan lancar.

Tidak hanya penambahan dan penguatan jaringan tersebut, Telkomsel juga telah mengantisipasi lonjakan permintaan terhadap produk dengan meningkatkan jumlah produksi, baik untuk kartu perdana, isi pulsa, maupun untuk paket bundling. Telkomsel pun menjamin layanan produk tersebut bisa didapatkan dengan mudah di seluruh mitra dealer dan mitra kerja Telkomsel yang tersebar di seluruh daerah. Penyebaran produk Telkomsel sudah bisa didapatkan dengan mudah di setiap kios-kios penjual pulsa, bahkan di pelosok desa.

Dari data tahun sebelumnya, terjadi peningkatan pembelian pulsa sebesar 23 persen pada saat Natal dan Tahun Baru. Telkomsel telah menyediakan dua kali lipat dari biasanya sehingga ketersediaan produk betul-betul terjamin dan terjangkau oleh masyarakat. 

“Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan menjelang natal dan tahun baru, Telkomsel telah meningkatkan distribusi produk maupun ketersediaan pengisian pulsa hingga dua kali lipat dari kondisi normal bukan hanya di outlet namun di semua Channel Distribusi baik Traditional Channel (Mkios dan Voucher Fisik) dan Modern Channel (ATM, T-Cash, Transfer Pulsa dst). Dari peningkatan ini dapat dipastikan bahwa Telkomsel dapat memenuhi lonjakan kebutuhan komunikasi pelanggan nantinya,” jelas GM Sales Regional Sumbagteng, Ihsan.

Regional Sumbagteng Telkomsel juga telah membuat posko Siaga di 9 titik yang tersebar di seluruh titik keramaian dan lokasi wisata. Disetiap titik akan ada pelayanan penjualan pulsa dan kartu perdana, layanan migrasi USIM, redeem Telkomsel Poin dan layanan penjualan content-content digital. 

"Adapun GraPARI Siaga NARU di Regional Sumbagteng tahun ini sebanyak 7 titik yang meliputi GraPARI Mall SKA Pekanbaru, GraPARI Pekanbaru Panam Jl. HR Subrantas, GraPARI Nagoya Hill Batam, GraPARI Mall Panbill Batam, GraPARI Imam Bonjol Padang, GraPARI Padang Jl Katib Sulaiman dan, GraPARI Bukittinggi, akan tetap melayani pelanggan saat libur Natal dan Tahun Baru dengan operasioal layanan dari jam 10:00 hingga 16:00 WIB," papar Ihsan. 

Melalui berbagai kesiapan itu, Telkomsel memberikan kenyamanan kepada pelanggan dalam merayakan Natal dan Tahun Baru termasuk pelayanan pada jalur mudik yang berada di wilayah Sumbagteng.

Kesiapan bukan saja pada penambahan kapasitas dan peralatan. Tetapi juga mengantisipasi ketika aliran listrik ke BTS terputus akibat listrik padam. "Di BTS-BTS kita banyak menyiapkan baterai yang bisa tahan 2-4 jam. Kalaupun pemadaman lebih dari kesanggupan baterai kita juga punya mitra sebanyak 150 untuk pengerahan genset lengkap dengan bahan bakar minyak," kata Noviandri.

Jumlah BTS yang sudah dilengkapi layanan 4G meningkat signifikan di tahun 2017 dibanding 2016. Saat ini ada 1.583 BTS yang 4G dibandingkan tahun 2016 yang hanya sebanyak 298 BTS.

"Tahun depan kita juga akan melengkapi seluruh BTS 2G dengan jaringan 3G sehingga tidak ada lagi BTS yang hanya tersedia 2G sehingga penggunaan data akan semakin maksimal," katanya. (***) 



Share on Social Media