Batam

Uba Ingan Sigalingging: Proteksi Kesehatan Prioritas Utama!

| Sabtu 20 Mar 2021 15:38 WIB | 762

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Konferensi pers membahas tentang BPJS PBI


MATAKEPRI.COM BATAM -- Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Riau Uba Ingan Sigalingging turun ke lapangan untuk mengenalkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Keseharan Penerima Bantuan Iuran (BPJS PBi) pada konferensi pers yang dilaksanakan di Hotel Aston Batam, Sabtu (20/03/2021).


Pandemi COVID-19 menjadi landasan bagi Uba Ingan Sigalingging untuk mengenalkan BPJS PBI lebih jauh. Selama masa pandemi banyak terjadi pemecatan terhadap buruh yang mengakibatkan penggunaan BPJS Tenaga Kerja tidak efektif.


"Permasalahan yang sering terjadi, ketika sakit siapa yang akan menanggung biayanya, dan untuk peralihan juga tidak dapat dilakukan dikarenakan masih terdaftar pada jaminan kesehatan lain," tutur Uba Ingan Sigalingging.


Hal serupa juga terjadi dengan BPJS Mandiri, banyaknya masyarakat yang membayar iuran BPJS Mandiri dalam situasi yang sangat membutuhkan.


"Banyak masyarakat tidak mampu bayar iuran sehingga BPJS tidak bisa digunakan. Jika sudah menunggak maka masyarakat harus bayar lunas ditambah denda dulu baru bisa BPJS Mandiri digunakan," ujarnya.


Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kepri Uba Ingan Sigalingging mengenalkan BPJS PBI sebagai solusi dari ketidakefektifan BPJS Mandiri maupun BPJS Tenaga Kerja.


"Kita lagi mengupayakan untuk pengalihan BPJS Tenaga Kerja dan BPJS Mandiri, secepatnya kita akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait," tuturnya.


Sebelum menutup konferensi pers beliau menekankan bahwa proteksi kesehatan menjadi prioritas utama.


"Kami berharap pemerintah daerah betul-betul serius, proteksi kesehatan merupakan hal paling dasar menurut saya," tutupnya. (Iwan)



Share on Social Media