Batam, News, Kepri

Lalat Berterbangan, Warga Tanjung Banun Keluhkan Kotoran Peternakan Ayam

Egi | Kamis 21 Oct 2021 21:26 WIB | 826

DPRD


Ketua Komisi 1 DPRD Kota Batam Budi Mardianto


MATAKEPRI.COM BATAM -- Masyarakat di RT 01 RW 05 Tanjung Banun Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang keluhkan banyaknya lalat yang berterbangan di area permukiman warga.


Banyaknya koloni lalat yang berterbangan diakibatkan adanya perusahaan peternak ayam didekat pemukiman tersebut.


Ketua Komisi 1 DPRD Kota Batam Budi Mardianto mengatakan, kita mendapat keluhan dari masyarakat di Tanjung Banun bahwa banyaknya koloni lalat yang berterbangan.


"Dari keluhan masyarakat, disana banyak pengusaha yang beternak ayam. Mulai dari peternakan pribadi sampai peternakan yang tidak mempunyai izin," ujar Budi pada Kamis (21/10/2021) sore di DPRD Batam.


Lanjutnya, dengan adanya peternakan disekitar pemukiman warga, tentu dampaknya perlu diperhatikan oleh pengusaha peternakan ayam tersebut.


"Pengusaha peternak ayam harus mengetahui dampak lingkungannya. Seperti kesehatan warga, itu harus diperhatikannya," bebernya.


Sementara warga disekitar peternakan mengeluhkan banyaknya lalat yang berterbangan berasal dari kotoran ayam.


"Nanti akan kita tinjau kelokasi, kalau perusahaan peternakan ayam tidak menjalankan usahanya sesuai dengan SOP, maka perusahaan ayam tersebut akan kita suruh tutup, karena ini sangat berdampak dengan kesehatan warga," ungkap Budi.


Pengusaha peternak ayam di Tanjung Banun nanti akan ditertibkan. Karena kata dari Dinas Pertanian, sangat kecil kemungkinan adanya lalat kalau cara menjalankan peternakan ayam dengan baik.


"Dari pengakuan beberapa peternak ayam disana, menjamin peternakannya tidak menimbulkan banyak lalat. Namun disanakan bukan dia saja, banyak lagi pengusaha lainnya, nah itu yang harus kita perhatikan," pungkasnya, (egi)



Share on Social Media