Batam, News, Kepri

Tenaris Berikan Bantuan Rp 532 Juta Untuk Dukung Dunia Pendidikan di Kota Batam

Egi | Rabu 08 Dec 2021 19:44 WIB | 1293

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah


Foto bersama TenarisHydril Batam (PT. Hydril Indonesia) (foto:ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- TenarisHydril Batam (PT. Hydril Indonesia), perusahaan manufaktur aksesoris pipa baja dan layanan terkait lainnya yang mendukung industri energi Indonesia, hari ini, Rabu (8/12/2021) menyelenggarakan Merit Award dan donasi untuk renovasi sekolah. 


Merit Award merupakan salah satu program investasi sosial perusahaan untuk mendukung peningkatan pendidikan di Kawasan Kota Batam.


Plant Senior Manager TenarisHydril Batam, Arif Teguh Raharjo mengatakan Tenaris mengalokasikan sebagian besar dananya guna meningkatkan kualitas pendidikan untuk para siswa-siswi berprestasi di Kota Batam.


Adapun kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dengan memberikan solusi dalam pendidikan dan sejalan dengan program investasi sosial.

 

"Berbeda dengan beasiswa, ditinjau dari segi bahasa Merit Award adalah penghargaan prestasi yang diberikan Tenaris kepada para pelajar dengan capaian terbaik di sekolahnya," ungkap Arif di Sekolah MAN Insan Cendekia Batam, Rabu (8/12/2021).


Dikatakannya, tahun ini, program Merit Award diberikan kepada 108 siswa dari 9 sekolah (3 Sekolah Menengah Pertama, 3 Sekolah Menengah Atas dan 3 Sekolah Menengah Kejuruan) dengan total nilai lebih dari Rp 315 juta. 


"Program kali ini merupakan program ke-6 yang didakan di Batam dan ke-13 kalinya diadakan di Indonesia," imbuhnya.


Bersamaan dengan Merit Award, hari ini Tenaris Hydril Batam menyerahkan dana sejumlah Rp 217,5 juta untuk renovasi sekolah di SMKN 5 Batam. 


"Ini merupakan kali ke 5 program ini diadakan di Batam. Donasi sudah diberikan untuk SMK Al-Jabar, SMPN 17 Batam, SMKN 6 dan SMK Penerbangan Batam," jelasnya.


Lanjutnya, program donasi ini juga sudah dilakukan di Cilegon setiap tahunnya, dimana pabrik Tenaris beroperasi.


Selain dari program Merit Award dan dan donasi untuk renovasi sekolah, Tenaris juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa program sarjana melalui Program Pendidikan Roberto Rocca Education Program. 


"Tenaris juga menginisiasi program pelatihan kerja kepada masyarakat sekitar Cilegon bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Serang," tuturnya.


Tenaris adalah pemasok utama untuk pipa tabung dan layanan terkait untuk industri energi dunia dan sejumlah aplikasi industri lannya. Sebagian besar konsumen kami adalah perusahaan minyak dan gas terkemuka di dunia dan memiliki pendapatan mencapai US $ 5,1 miliar pada tahun 2020.


Dengan mempekerjakan sekitar 19.000 orang di seluruh dunia, kami mengoperasikan jaringan  terpadu pembuatan, fasilitas produksi, finishing dan pelayanan industri pipa baja yang beroperasi di Amerika, Eropa, Timur Tengah, Asia dan Afrika dan layanan langsung dilapangan pada sebagian besar pasar minyak dan gas bumi.


Tenaris mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 1994 ketika Tenaris menandatangani perjanjian dengan PT. Seamless Pipe Indonesia Jaya (SPIJ) di Cilegon dan PT Hydril Indonesia pada tahun 1998 di Batam. Aliansi ini mengarah kepada integrasi penuh pada tahun 2009. 


Konten lokal Tenaris melebihi 40% (TKDN + BMP) dan dicantumkan oleh MIGAS dalam Buku Apresiasi Produk Dalam Negeri. Tenaris memiliki lebih dari 500 karyawan di Indonesia yang bekerja di dua pabrik penguliran, kantor pusat dan pusat pelayanan.


Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan memberikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada TenarisHydril Batam yang telah memberikan bantuan untuk mendukung peningkatan pendidikan di Kawasan Kota Batam.


"Kami dari keluarga besar Dinas Pendidikan Kota Batam mengucapkan terima kasih kepada Tenaris atas bantuan yang telah diberikan untuk dunia pendidikan di kota Batam," ujar Hendri usai kegiatan.


Dia mengatakan, TenarisHydril Batam (PT. Hydril Indonesia) setiap tahun masih terus konsisten memberikan dana CSR perusahaannya untuk dunia pendidikan di kota Batam.


"Tahun kemarin Tenaris memberikan CSR nya ke beberapa sekolah baik SMP maupun SMA/SMK. Dan, tahun ini pun sama, cuma sekolah yang menerima bantuannya beda," ungkapnya.


Masih menurut Hendri, dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini, banyak masyarakat kita yang terkena dampak dari mewabahnya virus asal Tiongkok ini.


Dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat meringankan sedikit beban ekonomi keluarga yang porak-poranda dihantam pandemi Covid-19.


"Semoga dengan bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban ekonomi keluarga, khususnya untuk meringankan biaya pendidikan," pungkasnya, (egi)



Share on Social Media