Tanjungpinang

Danlantamal IV Gelar Panen Raya Ikan Kerapu di Kampung Bugis

Juliadi | Jumat 18 Mar 2022 20:08 WIB | 1417

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Sebagai wujud pelaksanaan Ketahanan Pangan Sektor Laut di lingkungan TNI Angkatan Laut, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., M.H., M.Tr.Opsla, bersama Ketua Koordinator Cabang (Korcab) IV (empat) Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I Ny. Anna Dwika menggelar Panen Raya Ikan Kerapu di Kampung Bahari Nusantara, Tanjung Lanjut-Kampung Bugis Kepri, Kamis (18/3/2022).


Tanjung Lanjut Kampung Bugis merupakan salah satu daerah yang termasuk dalam Kampung Bahari Nusantara binaan Lantamal IV, dimana telah dilaksanakan pembinaan kepada masyarakat pembudidaya ikan kerapu Keramba Jaring Apung (KJA) salah satunya adalah Bapak Akim yang memiliki KJA sebanyak 50 buah.


Kerambah milik pak Akim ini menjadi binaan Lantamal IV sejak tahun 2016 atau kurang lebih sudah 6 (enam) tahun  dimana yang bersangkutan memelihara Ikan Kerapu sejenis Cantang yaitu kerapu hasil dari persilangan secara rekayasa dari 2 spesies ikan kerapu yaitu ikan kerapu macan sebagai betina dan ikan kerapu kertang sebagai jantan.


Pada tahun 2022 ini kerambah pak Akim mendapatkan hasil yang sangat memuaskan dari tahun-tahun yang lalu.


“Pada tahun ini Kerambah binaan Lantamal IV baru melaksanakan panen perdana dengan jumlah panen seberat 6 ton dan jumlah ikannya kurang lebih sebanyak 1200 ekor sehingga berat ikan per ekornya kurang lebih 5 kg”, ujar Laksma Dwika.


 Untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal sangat diperlukan kerja keras dan waktu yang lama, oleh karena itu diperlukan kesabaran dan ketelatenan dari pengurus kerambah serta peran dari Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal IV untuk terus melaksanakan pembinaan.


 â€œDiperlukan waktu sekitar 2 sampai 2,5 tahun untuk memperoleh ikan kerapu seberat 5 kg jadi perlu kesabaran dan biaya yang tidak sedikit  oleh karena itu perlu Kerjasama dari berbagai pihak  agar kita dapatkan hasil yang memuaskan,” tambah Laksma Dwika.


Hasil Panen raya ini akan segera langsung dipasarkan terutama ke Singapura dan juga untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat daerah sekitar kerambah tersebut.


Kegiatan ini sejalan dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono point 7 (tujuh) yaitu : Jaga Kepercayaan Negara dan Rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat bangsa dan negara.


Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wadanlantamal IV Kolonel Marinir Andi Rahmat M., Pengurus Korcab IV DJA I , Para Pejabat utama (Pju) Mako Lantamal IV, Bapak Akim sekeluarga dan Lurah Kampung Bugis beserta Perangkatnya. (*) 



Share on Social Media