Batam, News, Kepri

Pertama di Indonesia, Industri Panbil Dicanangkan Sebagai Kawasan Bersih Narkoba

Egi | Jumat 22 Jul 2022 16:35 WIB | 640

DPRD
Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
Gubernur Kepri/Wakil Gubernur
BP Batam
Aset Daerah
Lingkungan Hidup
Kawasan Industri


Kepala BNN RI, Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose sampaikan pidato (ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Kawasan Industri Panbil menjadi salah satu contoh yang dicanangkan sebagai Kawasan Bersih Narkoba (Bersinar) di Indonesia.


Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose mengungkapkan, kawasan industri Panbil merupakan contoh bagi kawasan industri-industri lainnya di Indonesia. 


"Ini yang pertama di Indonesia, mudah-mudahan menyusul kawasan industri lainnya. Dalam memberantas Narkoba ini kita (BNN) tidak bisa sendiri. Ini tanggung jawab kita bersama," kata Petrus Reinhard Golose usai mencangkan Kawasan Industri Panbil sebagai Kawasan Bersih yang berlangsung di Ballroom Sisoding, Hotel Best Western Premier Panbil (22/7/2022) siang. 


Kepala BNN RI, Petrus Reinhard Golose menegaskan semua pihak harus menyatakan perang terhadap narkoba. Karena akan merusak generasi dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dia pun menyatakan senang atas keputusan Mahkamah Konstitusi yang menolak legalisasi ganja. 


"Saya sangat berterima kasih telah dilaunching-nya program ini. Dengan hadirnya Gubernur, Kapolda, Ketua DPRD Kepri, dan Forkopimda lainnya menunjukkan komitmen kita bersama perang melawan narkoba," ungkapnya. 


Wilayah Kepri merupakan daerah yang sangat rawan masuknya narkoba dari luar negeri. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya tangkapan narkoba di Kepri dan bahkan baru-baru ini ditemukan pabrik narkoba di perumahan elit di Batam dan 48 Kg kokain di Kabupaten Anambas.  


"Artinya ini tugas kita bersama untuk memberantasnya," tegasnya. 


Sementara, Corporate Legal Panbil Group, Jeremia Purba, yang mewakili CEO Panbil Group, Johanes Kennedy mengatakan, dicanangkannya kawasan Panbil sebagai wilayah Bersinar merupakan wujud nyata dari Panbil Group dalam upaya mencegah dan memberantas penyalahgunaan Narkoba serta mewujudkan Kawasan Panbil bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba. 


Dalam upaya tersebut selain melakukan sosialisasi di dalam kawasan juga dibentuk relawan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Relawan ini nantinya akan bekerja senyap dan melaporkan jika mendengar dan melihat adanya penyalahgunaan Narkoba di dalam kawasan. 


"Kalangan pekerja juga rentan terhadap bahaya Narkoba. Dengan tingkat persaingan dan tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi berpotensi terkena stres dan depresi, sehingga tidak sedikit yang tergiur untuk menghilangkannya dengan cara mudah yaitu menggunakan Narkoba," ujarnya. 


Pencanangan Kawasan Panbil Bersinar ditandai dengan pembacaan deklarasi Anti Narkoba dan penandatanganan perjanjian kerja sama antara BNNP Kepulauan Riau dengan Kawasan Industri Panbil, (Egi) 



Share on Social Media